Saturday, April 9, 2016

SEMA BSI YOGYAKARTA PEDULI OBJEK WISATA


Pantai merupakan salah satu objek wisata yang menjadi destinasi favorit bagi masyarakat. Hamparan pasir nan lembut, langit biru nan luas serta desiran ombak menenangkan pikiran yang mulai jenuh dengan keadaan. Selain menjadi destinasi wisata, pantai juga menjadi sarana untuk mencari nafkah bagi para nelayan dengan cara mendirikan tambak udang.

Fungsi dari pantai akan maksimal bilamana masyarakat selaku pengunjung maupun pengelola dapat memanfaatkan dengan baik. Dengan menjaga dan merawat pantai memungkinkan pantai dapat terekspose dengan baik dan terfasilitasi untuk menunjang pariwisata lebih baik.

Tingkah laku pengunjung yang tidak bertanggung jawab acap kali merusak keindahan ekosistem dan kebersihan lingkungan sekitar laut dan pantai. Seperti saat berwisata di pantai dan membawa jajanan kerap kali pengunjung membuang sampahnya ke laut ataupun hanya ditinggal begitu saja di pasir pantai. Dalam pikiran mereka mungkin sampah akan terbawa arus atau tersapu angina. Kemungkinan juga sampah yang dibuang sembarang disebabkan karena tidak tersedianya tempat sampah di lokasi pantai tersebut.

Melihat keadaan lokasi wisata umum masyarakat dalam kondisi memprihatinkan tersebut,  Mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta mengadakan Bhakti Sosial dengan membersikan beberapa area sekitar bibir pantai untuk mengurangi sedikit sampah yang tersapu  ombak dan tidak terkelola dengan baik. Lokasi pantai yang diambil adalah Pantai Pandansari, beralamatkan di Dsn.Patehan Ds.Gadingsari Kec.Sanden Kab.Bantul DIY pada hari Kamis, 07 April 2016.  Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperingati Hari Ulang Tahun BSI ke-28 yang jatuh pada 03 Maret silam.

Diharapkan setelah lokasi pembersihan sampah dipantai selesai dilaksanakan nantinya pihak pengelola maupun masyarakat mampu berfikir lebih jauh lagi agar Pantai Pandansari bisa di potensikan menjadi obyek wisata yang bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Comments System

Disqus Shortname