Sunday, June 16, 2013

Din Syamsudin : Koalisi Sekarang Koalisi Setan !

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, (16/06) di Al Azhar dalam sambutannya menyatakan partai Islam pada pemilu 2009 lalu cenderung membangun koalisi yang tidak bermanfaat. Koalisi saat ini bukan koalisi rakyat melainkan koalisi setan. Alih-alih membela rakyat, membela umat justru membuat susah dengan kebijakan-kebijakannya.

Sebelumnya ia menjelaskan bahwa politik adalah bagian tak terpisahkan dalam Islam. Umat Islam di Dunia adalah mayoritas dan Indonesia mempunyai 88,2 % tetapi belum menjadi kekuatan politik menentu tetapi belum menjadi faktor efektif dalam mengalahkan kehidupan nasional kita.

Din meyakini bahwa perolehan suara partai-partai Islam cukup potensial jika digabungkan. Rujukannya adalah kekuatan politik umat muslim di Indonesia yang sangat besar saat mendukung Partai Masyumi di pemilu orde lama.

“Suara Partai Islam paling tinggi adalah zaman Masyumi, 43 persen. Kemudian PPP 30 persen di zaman orde baru, tapi pemilu nya tidak demokratis. Awal reformasi 39 persen. 2004 turun, dan 2009, 25 persen,” kata Din.

Din berharap agar partai-partai Islam saat ini bersedia duduk bersama dan membangun koalisi strategis. Koalisi tersebut tidak lantas melikuidasi eksistensi masing-masing partai.

Comments System

Disqus Shortname