Wednesday, February 10, 2016

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Outcome Untuk Dosen Muda BSI






Mengusung Tema “Meningkatkan Publikasi Hasil Penelitian Dosen Dalam Bentuk Jurnal Ilmiah di Lingkungan Perguruan Tinggi Bina Sarana Informatika”, LPPM BSI menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional dengan Peserta para Dosen Muda dilingkungan Perguruan Tinggi BSI. Antusiasme yang sangat tinggi dari peserta terlihat dari kesungguhan dalam mengikuti kegiatan. Workshop yang dibagi kedalam dua sesi peserta ini dilaksanakan dari tanggal 1  s.d. 4 februari 2016 dengan sesi pertama sebanyak 100 orang dari tanggal 1-2 februari dan sesi kedua sebanyak 100 orang dari tanggal 3-4 februari,  dengan menghadirkan narasumber yang tentu sangat kompeten dibidangnya. Di hari pertama LPPM BSI menghadirkan Riviewer Internal yaitu Herlawati dan Akmaludin sebagai narasumber dengan membawakan materi secara bergantian tentang “Paradigma Metodologi Penelitian” dan “Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional”.


Acara yang setiap harinya dimulai jam 08.00 s.d. 17.00 ini dimoderatori langsung oleh Heri Kuswara selaku ketua LPPM BSI, selesai narasumber menyampaikan presentasinya, tepat jam 15.00 WIB, agenda dilanjutkan dengan Tanya jawab, sharing dan diskusi antara peserta dengan narasumber. Lebih dari 10 penanya menyampaikan berbagai pertanyaannya seputar kiat sukses atau kendala yang dihadapi dalam menulis artikel ilmiah. Dihari kedua, peserta dibagi kedalam lima kelas (satukelas 20 orang/ setiap kelas satu narasumber/tutor) untuk dilakukan couching clinic, dimana semua peserta yang hadir wajib menyampaikan artikel ilmiahnya kepada narasumber yang bertindak sebagai reviewer internal untuk mengoreksi dan membahas seluruh artikel ilmiah peserta. Adapun sebagai tutor/reviewer internal dihari kedua adalah Erna Kusumawati,  Akmaludin,  Herlawati, Linda Marlinda, Suryanto yang kesemuanya adalah Dosen Senior dilingkungan Perguruan Tinggi BSI dan Nusa Mandiri.

Pada Sesi Kedua, 3-4 februari LPPM BSI menghadirkan narasumber yang juga sangat kompeten dibidang penulisan artikel ilmiah, yaitu Ida Zuniarti dan Kusumahat idengan materi yang sama. Jumlah peserta yang cukup banyak ini menandakan bahwa dosen dilingkungan perguruantinggi BSI benar-benar ingin meningkatkan kapasitasnya dibidang penelitian. Untuk couching clinicnya, LPPM BSI menghadirkan lima tutor/reviewer kembali yaitu Ida Zuniarti, Kusumahati, Suparman HL,  Yopi Hendrianto dan Nurvi Oktianti.  Agenda kegiatan untuk sesi kedua ini sama halnya dengan sesi pertama, yang membedakan adalah peserta dan narasumber/riviewernya.

Kegiatan berbasis Outcome ini tidak selesai sampai disitu aja, semua peserta mempunyai kewajiban untuk melanjutkan artikel ilmiah yang sudah diriviewer oleh tutor untuk diperbaiki/direvisi dan senantiasa intensif berkomunikasi dengan tutornya sehingga dua bulan kedepan dapat dipublikasikan baik dijurnal internal maupun dijurnal ekternal. (Heri Kuswara)

Comments System

Disqus Shortname