Wednesday, February 3, 2016

Kunjungan Ilmiah dan Penjajakan Kerjasama LPPM BSI Dengan UPPM Polban


Pemberian Cindera Mata dari UPPM Polban ke LPPM BSI Oleh Deddy Saefulloh ke Heri Kuswara


    Dua pertiga dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ada di Bidang Penelitian dan Pengabdian selebihnya tentu dibidang akademik/pengajaran,  Mengingat pentingnya tugas dari Lembaga/Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam memfasilitasi, memediatori dan mendorong para dosen dan mahasiswa untuk melakakuan berbagai jenis penelitian dan pengabdian sesuai bidang ilmunya. LPPM BSI secara intens melaksanakan program kerja yang bertujuan meningkatkan atmosfir penelitian dan pengabdian di lingkungan Perguruan Tinggi BSI. Baru-baru ini, jumat 29 januari 2016 LPPM BSI mengadakan kunjungan ilmiah, study banding, sharing dan penjajakan kerjasama dengan Politkenik Negeri Bandung (Polban) dengan tujuan agar kedua belah pihak dapat berkolaborasi dan bersinergi melakukan berbagai penelitian dan pengabdian


    Dalam kunjungan tersebut, Heri Kuswara selaku Kepala LPPM BSI  didampingi oleh Ani Solihat dan Hendi Yuliansyah diterima langsung oleh Kepala UPPM Polban, Ediana Sutjiredjeki  beserta Staff. Diawali dengan Pembukaan dan Perkenalan, Deddy Saefulloh perwakilan dari UPPM Polban memandu acara kunjungan tersebut. Presentasi dimulai dari UPPM Polban oleh Ediana Sutjiredjeki memaparkan tentang kegiatan UPPM yang dilakukan seperti Workshop Proposal Penelitian, Klinik Proposal Penelitian, jenis penelitian internal, pelaksanaan seminar berskala nasional dan intenasional setiap tahun, Publikasi artikel ilmiah pada 11  jurnal internal, Nasional dan Internasional. Pada Bidang Pengabdian kepada masyarakat, UPPM Polban bekerjasama dengan Perusahaan atau masyarakat seperti pembuatan teknologi tepat guna untuk masyarakat sekaligus diberikan penyuluhan dan pelatihannya, pembukaan Traveller Program Studi, penyediaan Buku Ajar/Book Store untuk mahasiswa dan masyarakat, Penyediaan Studio Komunikasi Bisnis dan lain-lain.


Suasana Sharing, Diskusi dan Penjajakan Kerjasama antara LPPM BSI dan Polban Bandung

    Dilanjutkan oleh Heri Kuswara, dari LPPM BSI menyampaikan presentasi tentang profil LPPM BSI, Visi, Misi dan Program Kerja. Tidak jauh berbeda dengan UPPM Polban, ia juga memaparkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPM BSI diantaranya Workshop Penyusunan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional dan Internasional untuk Mahasiswa dan Dosen, Worskhop Penyusunan Proposal Penelitian Hibah Dikti, Workshop Pengelolaan Jurnal dan Ejournal serta Seminar Motivasi Karir Dosen. beberapa kegiatan berskala besar yang rutin setiap tahun dilaksanakan oleh LPPM BSI adalah Seminar Nasional (SNIT) dan Seminar Internasional (ISSIT) dalam bidang Teknologi Informasi. Sharing Session dipandu oleh Deddy saefulloh dari UPPM Polban, dimana Heri Kuswara, Ani Solihat dan Hendi Yuliansyah mewakili LPPM BSI dan UPPM Polban terdiri dari  Ediana Sutjiredjeki, Deddy Saefulloh, Carolina & Herawaty Budiastuti. Banyak hal yang didiskusikan oleh kedua belah pihak terutama penjajakan kerjasama dibidang penelitian dan pengabdian, sharing artikel ilmiah pada jurnal masing-masing, dll. Demikian kunjungan, study banding dan sharing yang dilakukan LPPM BSI ke UPPM Polban Bandung. (Heri Kuswara)

Comments System

Disqus Shortname