Thursday, February 11, 2016

Strategi Cerdas Merencanakan Karir Dosen” “Seminar Motivasi Dosen BSI”


Menjadi Dosen Profesional adalah dambaan banyak orang yang ingin mengabdikan dirinya mengamalkan ilmu, pengetahuan dan keahliannya untuk bangsa. Takterkecual istaf pengajar di lingkungan perguruan tinggi BSI yang sedang menyelesaikan program pasca sarjananya. LPPM BSI sebagai Lembaga yang diamanahkan untuk memediatori dan memfasilitasi Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tentu mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam mengantarkan staf pengajar BSI menjadi Dosen professional dan seutuhnya. Berangkat dari itu, pada tanggal 5 februari 2016 LPPM BSI mengcreate sebuah kegiatan dalambentuk seminar motivasi bagi mereka yang sedang menyelesaikan program pasca sarjananya agar cepat selesai tepat waktu dan kelak menjadi Dosen sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan pemerintah. Dengan mengusung tema “Strategi Cerdas Merencanakan Karir Dosen”, LPPM BSI menghadirkan narasumber Heri Kuswara yang juga sebagai Ketua LPPM BSI dan Dahlia Sarkawi sebagai Kepala Pengembangan Karir Dosen.

Dipandu oleh Sari Hartini dan Ratna sebagai moderator, Heri mengawali presentasinya dengan menampilkan tahapan perencanaan karir yang dimulai dari fasefantasi, tentative dan realistis. Dimana pada fase realistis (usia 18-23 tahun) setiap kita wajib menentukan pilihan karirnya. Selanjutnya untuk meraih sukses dalam karir, Heri memaparkan beberapa hal yaitu yang pertama pentingnya mempunyai alasan yang kuat untuk sukses. Peserta diminta untuk menuliskan 5-10 alasan terkuat kenapa wajib sukses. Yang kedua adalah membuat perencanaan karir  yang dibagi kedalam tiga fase yaitu jangka pendek 0-2 tahun, jangka menengah 2-5 tahun dan jangka panjang 5,10,15 tahun. Begitupun pada pembahasan materi ini peserta diminta untuk mengisi minimal masing-masing lima rencana karirnya dijangka pendek, menengah dan panjang. Selanjutnya kiat dari heri kuswara adalah action yaitu melakukan berbagai hal/aktifitas dalam kehidupan sehari-hari untuk mengimplementasikan rencana karirnya. Strategi terakhir yang heri suguhkan adalah Doa yang sungguh-sungguh sebagai pondasi seseorang dalam merencanakan karir.



Dewasa ini, untuk menjadi Dosen Profesional, Heri Kuswara memberikan beberapa tips yang harus dikuasai oleh mereka yaitu hard skill yang up to date, spesifik dan berdaya saing global lalu sertifikasi profesi dan kompetensi berstandar nasional dan internasional serta unsur soft skill sebagai kunci sukses dalam karir apapun. Nara Sumber Kedua yang merupakan Dosen paling Senior di BSI, Dahlia Sarkawi yang juga kepala pengembangan Karir Dosen BSI memberikan materi tentang persyaratan menjadi seorang Dosen, kepangkatan akademik yang harus dipenuhi (Jabatan Fungsional Akademik), Sertifikasi Dosen, dan lain-lain. Secara jelas beliau memaparkan kewajiban Dosen dengan Tri Dharma Perguruan Tingginya baik itu pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dengan penguasan materi yang luar biasa, Dahlia  secara detail dan terperinci menjelaskan apa itu NIDN (Nomer Induk Nasional), persyaratan untuk mendapatkan NIDN, apa itu jabatan fungsional akademik, angka kredit tri dharma yang harus dipenuhi setiap level dalam jabatan fungsional akademik, persyaratan mengikuti sertifikasi Dosen, level pendidikan dan linieritas program studi/keilmuan. Dengan gaya bicara dan intonasi yang tegas, lugas namun menghibur, Dahlia memoitvasi peserta untuk segera menyelesaikan program pasca sarjananya agar dapa tmengurus NIDN, JFA dan Serdos. Bahkan ia menyarankan untuk melanjutkan study kejenjang Doktoral (S3).

Dalam sesi Tanya jawab, diberikan kesempatan kepada lima orang untuk menanyakan berbagai hal yang berkenaan dengan karir Dosen kepada kedua Nara Sumber. diAkhir acara kedua pembicara berpesan bahwa Dosen adalah Profesi yang sangat Mulia, curahkan dan abdikan diri sepenuhnya dalam mencerdaskan sebanyak mungkin anak bangsa. (Heri Kuswara)

Comments System

Disqus Shortname