Thursday, February 11, 2016

KSR PMI BSI Beraksi di Pulau Pari


Minggu 7 Februari 2016, Korps Sukarela Bina Sarana Informatika (KSR BSI) mengadakan kegiatan yang cukup menarik di Pulau Pari, Kepulauan Seribu Jakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dari program tetap divisi Pengabdian Masyarakat (PM), yaitu  KSR BSI Peduli. Kegiatan yang diselenggarakan berupa penanaman pohon Mangrove atau bakau dalam memperingati Hari Tanam Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Januari lalu. Kegiatan dengan tema, “Lukisan Hijau Relawan untuk Negeriku” ini dapat merebut perhatian masyarakat umum untuk turut serta bergabung dalam aksi tanam 1000 pohon di bibir Pantai Pasir Perawan.

KSR mengajak teman-teman mahasiswa BSI, mahasiswa luar BSI dan masyarakat umum juga masyarakat sekitar Pulau Pari untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tidak hanya melakukan penanaman pohon, KSR BSI juga memberikan penyuluhan mengenai manfaat mangrove itu sendiri dan penyuluhan mengenai “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS) kepada para peserta Tanam Mangrove dan kepada adik-adik SDN 01 PulauPari yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Tujuan dari kegiatan ini bukan hanya sekedar menanam mangrove, namun kita juga harus bisa merawat dan menjaga mangrove itu sehingga di kemudian hari mangrove itu dapat tumbuh dan manfaatnya dapat dirasakan. Penyuluhan PHBS sendiri mengajak seluruh peserta maupun warga sekitar untuk dapat bisa menjaga kebersihan diri maupun lingkungannya sehingga akan tercipta kenyamanan dan kesehatan bagi diri sendiri maupun lingkungan. Acara ini di ikuti pula oleh 3 orang Warga Negara Asing (WNA) dari Negara berbeda, “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan bermanfaat,” Ujar salah satu turis yang berasal dari Inggris.

Selain kegiatan menanam mangrove dan penyuluhan, para peserta dan panitia juga turut menikmati keindahan Pulau Pari dengan bersnorkling bersama. KSR dalam Kegiatan ini mendapat dukungan dari Lembaga BSI, Palang Merah Indonesia (PMI)  Kota Jakarta Barat, Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KA KPN), dan Bekasi Media. Masyarakat sekitar Pulau Pari pun ikut mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Acara yang berlangsung selama satu hari ini, sangat meninggalkan kesan dan pengalaman yang luar biasa bagi panitia dan juga peserta yang hadir.

Comments System

Disqus Shortname