Wednesday, February 17, 2016

PEMANFAATAN ICT (Information and Communication Tehnology) DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN DAN BISNIS ONLINE

Fakultas Tehnik dan AMIK Universitas BSI Bandung, di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung.

Fakultas Tehnik Universitas BSI menggelar serangkai anacara seminar yang bertajuk Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dalam dunia pendidikan dan usaha. Seminar yang berlangsung dari tanggal 10 – 12 Februari 2016 ini diselenggarakan berdasar pada tri darma dosen, yakni pengajaran, penelitian serta pengabdian.

Pada pengabdian kali ini, fakultas tehnik melakukan pengabdian pada masyarakat yang berada di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung. Peserta yang hadir yakni ibu-ibu PKK (Program Kesejahteraan Keluarga), mahasiswa magang dari STKS Bandung, serta para pengurus kelurahan dan karangtaruna.

Dimulai pukul 09.00 WIB, Cece Sahroni selaku ketua Lurah Merdeka menyampaikan sambutannya kepada seluruh peserta seminar serta kepada seluruh dosen-dosen BSI yang hadir. Cece mengutarakan sambutannya dengan menggunakan bahasa daerah yakni bahasa Sunda yang kala itu bertepatan dengan hari rabu, yang memang telah dianjurkan oleh pemerintah kota  Bandung untuk menggunakan bahasa Sunda. Dilanjutkan oleh Mulyadi selaku per wakilan dari pihak Universitas BSI Bandung  untuk menyampaikan sambutannya. Dihari pertama, seminar dilaksanakan dengan dua kegiatan yakini, “Pemanfaatan Teknologi     Informasi dan Komunikasi” yang di bawakanoleh Ade Mubarok, M.Kom, serta workshop komunikasi menggunakan email baik dari laptop/komputer, maupun pembuatan email menggunakan smartphone atau telepon pintar. Workshop tersebut dibawakan langsung oleh Toni Arifin S.T, M.Kom serta Rizki Prasetio, ST, M.Kom.

Setelah berakhirnya seminar para pembicara dihujani berbagai pertanyaan menyangkut teknlogi yang  biasanya  di  perlukan oleh para  peserta terutama oleh ibu-ibu PKK dari kelurahan Merdeka tersebut.
Pada hari kedua, masih ditempat yang sama, pro  ditehnik memberikan dua seminar  yang berbeda yakni “Implementasi Information and Communication Technology dalam Kegiatan Pendidikan dan Usaha” oleh Maxi Ary, M.Kom serta Asti Herliana, M.Kom dan Abdurahman Fauzi, MM. Selain menerangkan materi, juga ketiga pembicara tersebut memberikan contoh bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam bidang bisnis seperti online shop dan lain sebagainya, Dilanjutkan dengan workshop membuat toko online. Dalam workshop ini, Erfian Junianto, M.Kom dan Esa Hermansyah,  M.Kom mempraktekkan langsung bagaimana caranya membuat toko online  pribadi pada aplikasi tokopedia.com. Pada workshop kala itu terlihat para peserta terutama ibu-ibu PKK yang hadir begitu berantusias mengikuti workshop tersebut.

Disela – sela kegiatan seminar, Destien Mista selaku pembawa acara memberikan sedikit permainan kepada seluruh peserta yang hadir, untuk nantinya diberikan hadiah berupa buku serta marchendise yang telah disedakan oleh pihak panitia dari Prodi Tehnik. Salah satu pemenangnya adalah mahasiswi STKS Bandung yang langsung diberikan hadiah yakni berupa tasransel yang diberikan oleh Asti selaku pembicara yang juga memiliki usaha jual tas di toko online www.bezitsportstation.com.


Pada hari terakhir yakni jumat, 12 Februari 2016 seminar dibawakan langsung oleh Ketua Program Studi Tehnik yakni Rangga Sanjaya, M.Kom dengan tema “Berselancar di Internet Secara Aman dan Menangkal Konten Negatif”. Kemudian diakhiri oleh seminar yang berjudul “Etika dalam Bersosial Media” yang di bawakan oleh pemateri Yudi Ramdhani, M.kom serta Ali Akbar Rismayadi, M.Kom. Tujuan dari pengabdian masyarakat pada Kelurahan Merdeka Kecamatan Sumur Bandung ini yakni untuk mengajarkan para peserta yang di dalamnya ibu-ibu PKK, mahasiswa, serta berbagai pengurus kelurahan untuk melek teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Diharapkan dari kegiatan tersebut para peserta yang notaben eadalah orang tua dapat lebih berkembang lagi melalui teknologi dan informasi yang ada saat ini seperti, membuat toko online sendiri pada khususnya serta membuat sosial media pada umumnya, demi menunjang keberhasilan dalam bidang pendidikan dan kegiatan usaha. (DEM-Mista)

Comments System

Disqus Shortname