Sunday, February 28, 2016

Komitmen Bersama berbagai Komunitas Mengantisipasi Perubahan Iklim

perkumpulan ketua komunitas: kappa, forgi, eart depok, greaction, iytcc, dlh bem UI, dan kophi

Majalahinspirasi.net - Universitas Indonesia beberapa hari lalu menggelar seminar perubahan iklim bertajuk UI Youth Climate Day.

Acara ini dihelat selama dua hari, jumat-sabtu, 26-27 februari 2016, bertempat di student center FEB UI dan Balai Sidang, pukul 08.00-15.30. Selama dua hari berlangsungnya acara tersebut, dihadiri oleh para tokoh profesional dan tujuh komunitas yang bergelut dalam isu tentang perubahan iklim.

Di hari pertama, beberapa tokoh yang hadir seperti Dr. Nur Masripatin selaku Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK RI, dan Tasya Kamila sebagai Duta Lingkungan Hidup Indonesia. Lalu di hari ke dua, para komunitas yang turut hadir yaitu Earth Hour Depok, Indonesia Youth Team on Climate Change (IYTCC), dan lainnya.

Muhammad Ivan, Koordinator Earth Hour wilayah Depok mengatakan kegiatan ini sangat bagus sekali dan ia berharap dari kegiatan ini kita bisa bikin suatu gerakan bersama dan semua itu kita akan kolaborasikan untuk maju bersama dalam aksi mengantisipasi perubahan iklim.

"Kita sebagai pemuda bisa membuat suatu gerakan perubahan yang lebih baik dalam meminimalisir perubahan iklim", kata Via Apriyani, pendiri komunitas GreAction.

Dalam acara kegiatan acara itu dilakukan pula aksi penanaman pohon dan penandatanganan piagam, sebagai simbol komitmen bersama dalam mengantisipasi perubahan iklim.

Di penghujung acara turut dimeriahkan pula oleh penampilan spesial dari Ressa Herlambang. Ressa mengatakan ia tengah terlibat dalam project pembuatan lagu bertemakan lingkungan atas usul kementrian Lingkungan Hidup, dan telah tergabung dalam organisasi Garda Bangsa yang juga bergelut dalam isu perubahan iklim.

"Untuk menjaga kelestarian lingkungan, kita bisa mulai dari hal kecil seperti jangan membuang sampah sembarangan", ujar penyanyi yang terkenal lewat tembang Menyesal itu. (Yusuf)

Comments System

Disqus Shortname