Monday, June 10, 2013

AM Fatwa: Taufiq Kiemas sosok yang cair dalam berpolitik

Mendiang Ketua MPR Taufiq Kiemas saat mahasiswa dikenal sebagai aktivis yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Sebagai aktivis di era Orde Baru, suami Megawati Soekarnoputri itu getol melawan pemerintahan yang dianggap otoriter.

"Saya kebetulan orang yang pernah jadi tapol, meski beda organisasi, saya dari HMI beliau GMNI. Pada masa yang sama-sama menghadapi pemerintahan otoriter, saya satu barisan," jelas AM Fatwa, Minggu (8/6).

Mantan Ketua DPP PAN tersebut mengenang Almarhum sebagai orang yang sangat cair dalam pergaulan berpolitik. Meskipun keduanya sering menemui permasalahan, namun hubungan keduanya senantiasa akrab.

"Meskipun saya kritik, dia tetap tersenyum," ujar Fatwa.

Taufiq Kiemas meninggal di Rumah Sakit Singapore General Hospital sekitar pukul 18.05 WIB. Taufiq pernah menjalani perawatan di beberapa rumah sakit karena sakit jantung. Pada Desember 2011, dia pernah menjalani operasi penggantian baterai pemacu jantung di Rumah Sakit Harapan Kita.

Jenazah rencananya akan diterbangkan ke Halim Perdanakusuma pukul 09.00 WIB besok. Jenazah Taufiq Kiemas akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.(merdeka/inspirasi)

Comments System

Disqus Shortname