Tuesday, September 20, 2016

Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Baru BSI Gali Potensi Wirausaha

Bina Sarana Informatika (BSI) mengundang pengusaha nasional  Sandiaga Uno dalam acara  menyambut mahasiswa baru di BSI Convention Centre, Kaliabang - Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (18/9/2016). Pada  acara Seminar Motivasi (Semot) yang bertema “Aku BSI – Aku Indonesia” ini, Sandi memotivasi mahasiswa baru BSI untuk menggali potensi diri, terutama dalam bidang kewirausahaan.

Dalam seminar tersebut, Sandi juga membuka wawasan mahasiswa untuk melek teknologi dan mampu beradaptasi dengan  perkembangan zaman. Menurutnya, melihat kondisi saat ini, mahasiswa harus mengembangkan potensi diri dalam kurun  waktu 5 – 10 tahun.

Sandi menegaskan, teknologi akan berperan dan berinovasi, tanpa terkecuali di dunia pendidikan. “Dari awal, mahasiswa harus membekali diri. Sehingga nanti setelah tiga tahun dan lulus kuliah, kemampuannya akan berkembang. Ide-ide dari mahasiswa itu akan dibutuhkan oleh perusahaan.” kata bos Saratoga itu.

Berpengalaman di bidang wirausaha, Sandi membocorkan rahasia suksesnya kepada mahasiswa BSI. Ada empat kriteria leader yang harus melekat dalam diri seorang wirausahawan, yaitu bertekad kuat, berani mengambil risiko, tidak takut gagal, dan rasa kemauan untuk bermanfaat bagi orang lain. “Mahasiswa BSI jangan hanya mencari pekerjaan, tapi juga menyediakan lapangan kerja,” imbuhnya

Selain berwirausaha, kata Sandi, softskill lainnya yang harus dikembangkan oleh mahasiswa yaitu ilmu komunikasi diiringi dengan mengubah pola berpikir. “Pola pikir harus diubah. Sukses harus diiringi dengan pola pikir sms yaitu senang melihat orang sukses,”  kata Sandi.

Melihat antusiasme peserta seminar, pria asal Gorontalo yang juga pendiri Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI) ini mengungkapkan rasa senangnya terhadap penyelenggaraan seminar motivasi bagi mahasiswa baru BSI. “Terima kasih ya BSI. Semakin yakin masa depan Indonesia cerah. Anak muda gave me motivation and inspiration,” tutur Sandiaga Uno. (republika)

Comments System

Disqus Shortname