Saturday, April 30, 2016

MENUMBUHKAN ORGANISASI DAN KADER YANG HANDAL PADA SENAT MAHASISWA (SEMA) NUSA MANDIRI


Dalam menjalankan fungsinya sebuah perguruan tinggi tidak hanya terfokus pada bidang keakademikan saja melainkan juga pembinaan kegiatan kemahasiswaannya. Kehadiran organisasi mahasiswa (Ormawa) pada sebuah perguruan tinggi merupakan amanat undang-undang Peraturan pemerintah No.4 Tahun 2014 tentang Bidang Non Akademik Pelaksanaan Kemahasiswaan di perguruan tinggi. Sebuah perguruan tinggi perlulah memiliki kader-kader mahasiswa yang handal yang tidak hanya berpotensi secara akademik, namun juga non akademik. Untuk itulah sudah menjadi kewajiban bagi setiap perguruan tinggi mengembangkan aspek kemahasiswaan yang merupakan bagian dari non akademik.

Seperti yang dilakukan oleh STMIK Nusa Mandiri, yang pada Kamis (28/4) melakukan pelantikan pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) Nusa Mandiri Kramat periode 2016/2017. Acara yang dilaksanakan sebagai pengejawatahan undang-undang ini dihadiri oleh Ketua STMIK Nusamandiri Dr. H. Mochamad Wahyudi, MM,M.Kom,M.Pd, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan H.Syamsul Bahri, MM,M.Kom, Ketua Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika Nita Merlina, M.Kom dan Anton, M.Kom. Selain itu hadir pula perwakilan dari Ormawa lain yakni BEM BSI, MPM BSI, SEMA Nusa Mandiri Warung Jati serta undangan lainnya. Dalam sambutannya Ketua STMIK Nusa Mandiri menyampaikan tentang pentingnya sebuah organisasi kemahasiswaan pada sebuah lembaga perguruan tinggi, juga diutarakan tentang manfaat dari keikutsertaan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan keorganisasian.

Pada bagian lain Pembantu Ketua III menjelaskan tentang hakikat keberadaan Senat Mahasiswa sebagai bagian dari unit kegiatan kemahasiswaan, juga disampaikan harapan terhadap kepengurusan SEMA yang baru agar mampu menciptakan program kerja yang bermutu agar tercipta organisasi yang handal. Pada kesempatan itu terpilih M.Muksin dan Sagita sebagai Ketua dan Wakil Ketua SEMA Nusa Mandiri Kramat periode 2016/2017. Acara pelantikan dilangsungkan dengan penyematan jaket almamater secara simbolis oleh Ketua STMIK Nusa Mandiri dan dilanjutkan dengan pemberian surat keputusan kepada ketua dan wakil ketua senat. Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dan foto bersama sebagai dokumentasi. Harapan muncul pada pengurus SEMA yang baru untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan produktif yang mampu memberikan sumbangan nyata pada masyarakat kampus khususnya dan masyarakat lingkungan sekitar pada umumnya, sesuai dengan amanat lembaga. (smh)

Comments System

Disqus Shortname