Thursday, April 21, 2016

BEM BSI TURUT SERTA PADA RAKERNAS BEM SELURUH INDONESIA IX 2016

Keberadaan organisasi kemahasiswaan semisal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) turut memberi warna tersendiri dalam kehidupan kampus. Dengan perannya baik secara internal maupun ekternal, eksistensi BEM telah memberikan andil nyata dalam pembangunan bangsa. Perubahan bangsa yang lebih mengarah kepada demokrasi menjadikan organisasi BEM menjadi motor penggerak perubahan tersebut. Secara internal BEM berperan menjadi mediator yang menjembatani antara pihak kampus dan masyarakat kampus (mahasiswa). BEM diharapkan mampu menterjemahkan berbagai kebijakan pihak kampus dan mensosialisasikannya kepada mahasiswa lainnya.
  
Pada kegiatan ekternal, peran BEM diharapkan mempu menjadi penyuara aspirasi masyarakat, menjadi pengawal berbagai pelaksanaan kebijkan pemerintah. Sikap BEM yang selalu kritis terhadap berbagai  persoalan bangsa, membuktikan bahwa BEM peduli terhadap nasib bangsa ini.

Upaya memperkokoh eksistensi BEM tersebut diwujudkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BEM Seluruh Indonesia IX yang diadakan di Universitas Mataram (UNRAM) NTB mulai tanggal 5-9 April 2016, dengan mengusung tema “Mengawal Kedaulatan Maritim Indonesia”. Menurut siaran pers Universitas Mataram, acara tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa/i seluruh Indonesia, dari sabang sampai marauke termasuk utusan dari BEM BSI yang diwakili oleh M.Molki selaku presiden BEM BSI dan Septiana Hasanah bendahara umum.

Agenda kegiatan pada Rakernas itu antara lain diisi dengan Dialog Nasional Kemaritiman dan seminar nasional The Youth Inspiration. Narasumber atau pemateri yang hadir dalam Rakernas tersebut adalah Dr. Rizal Ramli (Menko Kemaritiman), Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR RI), Dr. KH. TGH Zainul Majdi, MA (Gubernur NTB), Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D (Rektor Unram), Dra. Adiati Noerdin, M.A (Staf Ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga RI), dan Syawaluddin, SE (Peraih SANKALP Southeast Asia Award 2015 dan Inspirasi Pemuda Mandiri).

“Sungguh ini merupakan sebuah pengalaman tersendiri bagi kami selaku perwakilan dari BEM BSI, sehingga kami dapat berkenalan dengan seluruh rekan-rekan seperjuangan dari seluruh Indonesia dalam satu visi yang sama” demikian menurut M.Molki. Sementara itu, menurut Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) Bagus Tito Wibisono bahwa BEM SI siap mengawal issu nasional serta menjadi pilar utama dalam membela rakyat Indonesia.(AFZ/SMH)

Comments System

Disqus Shortname