Thursday, November 27, 2014

HIjab Tidak Mematikan Karakter

Kereatifitas adalah hal yang tidak bisa di batasi oleh apapun seperti apa yang dilakukan oleh salah satu cosplayer yang ditemui pada acara Hellofest yang di selenggarakan pada 22 – 23 November 2014 di Tennis Indor Senayan. Yang luar biasanya adalah dia mengenakan hijabakan tetapi dia masih bisa menyalurkan hobinya dan menjadi tokoh anime yang dia suka.

Vera adalah seorang karyawan, ia bergabung dalam j-fox community dari tahun 2012. Berawal dari hobinya yang cinta akan anime jepang akhirnya ia mengikuti j-fox community untuk membuat anime menjadi bentuk yang nyata,  kadang juga acara cosplay seperti ini terbentur dengan pekerjaaan yang di geluti untuk waktunya namun ada yang prioritas ada yang hobi dan sebisa mungkin hobi yang disenangi itu tidak mengganggu prioritas yang ada. Untuk komunitas sendiri terdiri dari 30 anggota . Untuk basecamp sendiri berlokasi di pasar baru Jakarta.

Banyak orang yang mengaku takut mengenakan jilbab dikarenakan takut tidak bisa bergaya, tidak modern dan tidak dapat menyalurkan hobi-hobinya yang dia rasa jilbab jadi penghalang. Beda dengan sosok Vera yang menjadi salah satu tokoh anime jepang yaitu victorique de blois anime Gosick  . Yang membedakan dia dengan cosplay yang lain adalah sebagai wanita yang satu ini mengenakan hijab tetapi tidak mengurangi karakter anime yang  ia perankan. Sebagai muslimah ia tidak ingin menanggalkan jilbab untuk hobi nya namun ingin bersamaan untuk menyalurkan hobi sekaligus dapat istiqomah dengan terus mengenakan kreasi hijab dalam kostum yang ia kenakan.

Muslimah yang cantik ini baru saja pidah ke ibu kota dan ia harus menyesuaikan diri. Namun ia yang ramah dan mudah bergaul menjadikan ia banyak teman. Vera mengaku sudah mengikuti event sebanyak 3 kali diantaranya event kampus dan untuk acara seperti hello fest 2014 di tenis indoor senayan ini yang pertama kali namun menurutnya kini ia semakin banyak teman dari berbagai komunitas sesama cosplay-cosplay yang lain. Untuk kostum cosplay biasanya  ia menjahit sendiri karena setiap anggota dalam komunitasnya dibebaskan untuk memilih karakter anime yang ia suka. Dan disini ia memilih menggunkan jilbab untuk menutup auratnya, dan ia enjoy tidak merasa beda dengan yang lain.

Di era yang seperti saat ini  banyak ditemui bahwa pengemar anime dari berbagai golongan, generasi yang yang bercampur menjadi satu. Bahkan banyak para muslimah syar’i, para orang tua, anak muda dan orang-orang tionghoa yang selalu hadir dalam setiap event anime expo. Jadi salurkan lah hobi kalian seperti vera yang tetap positif tidak merubah identitasnya sebagai seorang muslimah yang berhijab.

Jika teman-teman ingin bergabung dengan komunitas anime jepang salah satunya bisa membuka fun page facebook nya yaitu j-fox community dan segera mendaftarkan diri.  (Alvionitha)

Comments System

Disqus Shortname