Wednesday, May 28, 2014

Ennichisai 2014, "It's Time To Jump!"



Majalahinspirasi.net-Untuk para pecinta semua hal yang berhubungan dengan negri sakura, kita tidak perlu jauh – jauh menempuh ribuan mil hanya untuk merasakan bagaimana suasana Matsuri (Festival) khas jepang ini. Ennichisai merupakan acara yang digelar setiap tahunnnya dan tahun ini Ennichisai kembali di gelar di kawasan yang di sebut “Little Tokyo” atau Blok M pada 24 -25 Mei 2014.


Ennichisai 2014 diorganisir oleh  Blok M Estate Management dan Ennichisai Blok M Team. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kini Ennichisai mengangkat tema “It’s Time To Jump!”. Kentalnya kebudayaan Jepang dapat dirasakan pada saat memasuki area Little Tokyo Blok M. Pengunjung akan disambut dengan banyaknya lampion Jepang atau Chochin. Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan 150 booth makanan serta produk-produk Jepang yang unik. Pertunjukan seni tradisional seperti omikoshi, taiko dan tarian Jepang lainnya pun selalu menjadi suguhan menarik yang menghidupkan suasana.

Selain kesenian tradisional, pengunjung akan dihibur dengan serunya rangkaian acara Pop Culture Jepang. Para penggemar cosplay dapat menikmati babak penyisihan cosplay competition bertaraf nasional, CLAS:H. Serta pemilihan wakil Indonesia untuk World Cosplay Summit di acara Indonesia Cosplay Grand Prix.
Acara yang berlangsung selama 2 hari ini bukan hanya menyuguhkan tentang kebudayaan jepang tetapi juga menyuguhkan kebudaan betawi karna memang acara ini merupakan mix dari 2 kebudayaan yaitu Jepang dan Jakarta. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan diplomatik kedua negara seperti yang di tuturkan oleh ketua Tokyo Ennichisai Blok M 2014 Nizarman Aminudin “ Acara ini bertujuan untuk memajukan salah satu kawasan Blok M sebagai salah satu kawasan strategis dan sentral di jakarta. Selain itu ini juga merupakan wujud kepedulian masyarakaat dan para expatriat jepang untuk membangun kerjasama International”.

Acara ini selalu dapat menarik minat pengunjung setiap tahunnnya. Pada tahun ini Ennichisai telah manarik 200.000 pengunjung selama 2 hari penyelenggaraaannya. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya tahun ini Ennichisai akan mengadakan Lomba Lari Estafet yang bekerja sama dengan Mainichi Shimbun dan KOMPAS. Lomba ini menunjukkan hubungan yang baik antara Indonesia dan Jepang secara simbolis, serta diharapkan dapat mempererat persahabatan para peserta. Ennichisai ditutup dengan acara Hanabi atau Pesta Kembang Api yang sangat meriah. (Humayra)

Comments System

Disqus Shortname