Wednesday, February 15, 2012

Semua Tentang Peterpan


Siapa yang tak mengenal Peterpan? Band papan atas asal Kota Bandung ini telah menghipnotis sebagian besar masyarakat Indonesia. Lagu yang dibawakan oleh Nazril Irham atau biasa disapa Ariel cukup memikat puluhan juta para penggemarnya.

Pada tanggal 1 September 2000 Peterpan resmi dibentuk, Band yang digawangi oleh Ariel sebagai vokalis bersama dengan Andika pada keyboard, Uki pada Gitar, Reza pada Drum, Lukman pada Gitar, dan Indra pada Bass. Dengan genre pop berpadu dengan rock ditambah dengan suara perut sang vokalis, Ariel yang merupakan salah satu ciri khas dari band ini. Perjalanan panjang yang dilalui mereka tak mudah, mulai dari menyanyi dari cafe ke cafe hingga mereka di tawari oleh Musica Studios, sebuah perusahaan rekaman.

Album pertama Peterpan “Kompilasi Kisah 2002 Malam” yang dikeluarkan pada tahun 2002 telah menyita perhatian para penilkmat musik Indonesia. Di bulan Juni 2003, mereka merilis sebuah album “Taman Langit”. Mereka menerima Multi Platinum atas prestasinya karena berhasil menjual album tersebut sebanyak 650.000 kopi. Lalu merilis album ke 2 “Bintang di Surga” di tahun 2004 dan mampu terjual sekitar 3 juta kopi.

Pada tahun 2005 merilis 2 album yaitu “VCD Untuk Sahabat Peterpan“ yang berisi dokumentasi saat mereka konser di 6 kota selama 24 jam dan “Alexandria“ yang menjadi soundtrack film Alexandria. Lalu merilis kembali album “Hari Yang Cerah” pada Mei 2007 yang berisi lagu-lagu handalan mereka diantaranya Menghapus Jejakmu, Hari yang cerah untuk Jiwa yang sepi dan Di Balik Awan.

Pada tahun 2008 Peterpan mengeluarkan karya terakhirnya sebelum akhirnya terdengar isu akan mengganti nama band mereka. Album yang dikeluarkan melalui 2 versi,yaitu versi kaset dan CD. Dalam versi kaset berisi 3 lagu baru dan 1 lagu Chrisye yang diaransment ulang serta 17 lagu hits dari album sebelumnya. Serta pada versi CD berisi 3 lagu baru, 1 lagu Chrisye dan 26 lagu hits sebelumnya.

Berbagai penghargaan pun diraih oleh Band ini. Diantaranya: awal Februari 2005 di Bangkok sebagai artis favorit Indonesia di ajang MTV Asia Aid. Lalu memperoleh 11 nominasi diantaranya band terbaik, album terbaik, grafis desain album terbaik, karya produksi terbaik di albumnya “Bintang di Surga” dalam Anugerah Musik Indonesia / AMI 2005. Lalu penghargaan kategori Album Pop Group Ngetop dan Lagu Paling Ngetop di Ajang SCTV Music Award 2005. Tidak hanya lewat musik, Ariel mencoba dunia akting dengan membintangi film layar lebar berjudul Sang Pemimpi.

Seiring dengan membumingnya band mereka, konflik pun terjadi. Mulai dari dikeluarkannya 2 personil Peterpan yaitu Andika dan Indra pada tanggal 4 November 2006, Andika dan Indra mengaku sangat terkejut pada vonis tersebut yang mengatakan bahwa mereka tak dapat bekerja sama lagi dengan Peterpan. Namun akhirnya mereka hengkang dan membentuk band baru “The Titans”. Posisi kedua personil yang telah keluar digantikan oleh Lucky dan David, dua pemusik tambahan terkait konflik tersebut, Andika mengajukan syarat bahwa nama Peterpan harus diganti. Dengan berat hati akhirnya Ariel melepaskan nama Peterpan dan menggunakan nama lain. Tak hanya itu saja, di awal Juni 2010, Ariel tersandung kasus hubungan intim yang didokumentasikan dan tersebar luas di media bersama Luna Maya yang pada saat itu menjadi kekasihnya, dan dengan Cut Tari. Sejalan dengan rumor tersebut, Ariel sempat menghilang dari media dan muncul kembali saat mendatangi Mabes Polri pada 11 Juni 2010 bersama Luna Maya. Ia resmi ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 22 Juni 2010. Dari sidang pengadilan Ariel divonis selama 5 tahun 6 bulan.

Walaupun kini Peterpan sedang mengalami musibah namun mereka menyadari memang Tak Ada Yang Abadi sesuai dengan salah satu judul lagu mereka. Dan penampilan mereka kembali ke dunia hiburan sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya, khusunya oleh sahabat peterpan. Atika Ningtyas

Comments System

Disqus Shortname