Saturday, January 28, 2012

Seminar Keamanan Komputer


Anda dibuat was-was akan eksisnya virus diflashdisk anda? Atau bahkan virus itu telah menjalar di Laptop anda? Melihat situasi seperti ini, sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam SEMA BSI Jatiwaringin berinisiatif untuk mengadakan seminar yang berbau keamanan komputer. Lebih khususnya berjudul “Proteksi ESET NOD32 Antivirus System dalam Jaringan & Komputer Pribadi”. Tepatnya pada Sabtu, 29 Oktober 2011 kemarin sekitar 250 mahasiswa terlihat memenuhi ruang Aula BSI Jatiwaringin.

Seminar yang berlangsung sejak pukul 13.00 sd 16.00 ini, disambut baik oleh Bpk.Suryanto selaku Kapala Cabang (KC) BSI Jatwaringin. “Seminar ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda” ucap pria yang juga dosen di BSI Jatiwaringin. Hanya dengan merogoh kocek senilai Rp 10.000, mahasiswa sudah mendapatkan sertifikat dan juga gratis software ESET NOD32 Antivirus yang aktif hingga 31 Januari 2012 mendatang.

Seminar yang berdurasi 3 jam ini, diisi oleh Yudhi Kukuh selaku pemateri tunggal. Diluar posisinya tadi, beliau merupakan pemantau perkembangan ESET NOD32 Antivirus khususnya untuk wilayah Indonesia. ”Sebenarnya tidak ada antivirus yang aman, hanya saja bagaimana kita menyikapinya, yaitu dengan cara diupdate. ” ucap pria berusia 36 tahun ini. Pria yang merupakan alumni dari Universitas Kristen Satya Wacana ini, rencananya pada 2 November 2011 besok akan mengisi materi dipameran indocomtech.net yang bertempat di JSS Senayan, Jakarta Pusat.

“Seminarnya sangat menarik, ada banyak pengetahuan yang saya serap. Setidaknya sekarang saya tahu cara terhindar dari virus yang mengancam keamanan terhadap laptop dan semacamnya” terang Rondang Septiana peserta seminar yang juga mahasiswi semester 3 Menejemen Informatika.

Terlepas dari suksesnya seminar tadi, terdapat kendala yang dialami Ary Setiadi selaku Ketua Pelaksana. “Ruangan aula yang terlalu kecil sehingga membatasi jumlah peserta yang daftar, padahal masih banyak mahasiswa yang berminat mengikuti seminar ini” urai mahasiswa Publik Relation yang baru semester 1 ini. Selain peserta, terlibat juga BEM, MPM dan mahasiswa dari kampus lain dalam undangan khusus. Rencananya SEMA BSI Jatiwaringin juga akan mengadakan kegiatan dihari Idul Adha mendatang. Oleh : “Eka Putri Alvi Syahrina”

Comments System

Disqus Shortname