Wednesday, April 16, 2014

Mari Mendongeng

Dongeng adalah cerita, tetapi cerita belum tentu dongeng. Mendongeng bukanlah semata-mata untuk menghibur saja atau membanyol dihadapan anak-anak agar terkekeh-kekeh. Karena jika hal demikian yang terjadi termasuk interpolasi (penyisipan) yang berlebihan dan keluar dari konteks pendidikan. Seharusnya mendongeng merupakan upaya menanamkan nilai luhur dan kokoh yang harus terus hidup dalam jiwa anak-anak.

“Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan) nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui.” (QS. Yusuf : 3 )

Bercerita adalah metode komunikasi universal yang sangat berpengaruh kepada jiwa manusia. Allah mendidik jiwa manusia menuju keimanan dan kebersihan rohani dengan mengajak manusia berpikir dan merenung, menghayati, dan meresapi pesan-pesan moral yang terdapat dalam firman-Nya.

Mengapa mendongeng ?

Lihatlah dalam Al-Qur’an selalu terdapat kisah-kisah sebagai ilustrasi bagaimana menjalani hidup ini dengan lurus dan benar yang dapat kita jadikan sebagai cermin kehidupan.
Karena bercerita memiliki beberapa fungsi yang amat penting, yaitu :
1.      Membangun kontak batin
Membangun kontak batin sering kali lebih efektif apabila dilakukan melalui cerita.
2.       Media penyampaian pesan/nilai agama
Menyampaikan nilai moral dan agama melalui cerita biasanya lebih nyaman didengarkan oleh anak-anak. Secara otomatis pesan-pesan moral dan agama yang kita selipkan akan didengarkan anak dengan senang hati pula. 
3.       Pendidikan imajinasi
Untuk merangsang imajinasi dan memperkaya daya fantasinya, kita dapat melakukan secara efektif dengan bantuan bercerita.
4.       Pendidikan emosi
Melalui cerita emosi anak dapat dilatih untuk merasakan dan menghayati berbagai lakon kehidupan manusia.
5.       Membantu proses identifikasi diri/perbuatan
Melalui cerita, anak-anak akan mudah memahami sifat-sifat, figur-figur, dan perbuatan mana yang baik, dan sebaliknya. Bercerita dapat berperan sebagai proses pembentukan watak seorang anak.
6.       Memperkaya pengalaman batin
Dengan mendengarkan cerita, pengalaman batin akan lebih kaya dan ini akan sangat membantu kematangan jiwanya.
7.       Hiburan dan penarik perhatian
Bercerita merupakan sarana hiburan yang murah meriah. Selain itu, apabila kegiatan tambah menjenuhkan bercerita dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak-anak yang mulai kurang aktif.
8.       Merekayasa watak/karakter
Dengan cerita dimaksudkan terjadi proses yang terus menerus untuk menanamkan dan menyadarkan tauhidnya melalui pendekatan ruhaniah. Sehingga ruhaniah tersebut yang akan menguasai hati, memberikan pengaruh kepada pikiran, dan memerintahkan anggota badan dengan mengendalikan yang baik. Membentuk menjadi kebiasaan sehingga menjadi karakter.

Terampil Bercerita

Ketrampilan dalam bercerita, baik dalam olah vokal, olah gerak, bahasa, dan komunikasi serta ekspresi perlu dikuasai pembawa cerita.

Selain itu, penyajian cerita yang harus dikombinasikan secara proporsional adalah sebagai berikut :  narasi, dialog, ekspresi, visualisasi gerak/peragaan (akting), ilustrasi suara, baik suara lazim maupun suara tak lazim, media/alat peraga, teknis ilustrasi lainnya : misalnya lagu, permainan, musik, dan sebagainya.

Sebagai sebuah ketrampilan, penguasaannya tidak cukup hanya dengan memahami ilmunya secara teoritis saja. Yang lebih penting dari itu adalah keberanian dan ketekunan dalam mencobanya secara langsung. Ketrampilan teknis bercerita hanya dapat dikembangkan melalui latihan dan pengalaman praktik bercerita.

Pentingnya mengetahui penyaluran pengetahuan kepada anak-anak dengan bercerita adalah hal-hal yang perlu dipelajari dan dikuasai dalam membangun generasi rabbani pada jiwa anak-anak. Selain lebih efektif dan mudah terserap, bercerita menjadi sarana untuk memengaruhi jiwa anak-anak. Oleh karena demikian ketrampilan ini perlu terus dilatih, diasah, dan dikembangkan bagi kaum pembelajar. Mendongeng Seru! (Dz)

*dari berbagai sumber

Comments System

Disqus Shortname