Saturday, January 25, 2014

Waspadai Penyakit Pasca Banjir


Kondisi pemukiman warga pasca banjir rentan terkena penyakit
Inspirasi.net- Bencana banjir yang melanda Ibu Kota Jakarta yang disusul daerah lain di Indonesia memasuki pekan kedua yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit. Menurut Ari F Syam, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Jakarta Raya (PAPDI JAYA) yang dilansir dari situs Antara. Banjir berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang berpotensi Kejadian Luar Biasa (KLB). Selain itu penyakit setelah peristiwa banjir merupakan berbagai penyakit yang jumlah kasusnya akan terus meningkat tambahnya. 


Ia mengemukanan secara umum bahwa peningkatan kasus penyakit itu berdasarkan tiga kelompok penyebaran yaitu penyebaran melalui makanan dan minuman, penyebarab melalui nyamuk dan penyebaran melalui tikus. Infeksi kolera, disentri rotavirus serta demam typhus merupakan jenis penyakit yang timbul akibat penyebaran melalui makanan. Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegyti sedangkan Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang ditularkan tikus yang dibawa melalui kotoran dan kencing tikus dalam genangan banjir. papar Pengajar Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.


"Apabila kita mengalami luka terbuka pada tangan atau kaki atau mukosa mulut, maka air yang sudah tercemar dengan kotoran tikus yang sudah mengandung leptospirosis akan menularkan kita, leptospirosis sangat berbahaya jika penyakit berlanjut dengan berbagai komplikasi antara lain terjadi kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver, paru dan otak”. Ungkapnya.

Ari menuturkan kembali, terganggunya kesehatan akibat banjir biasanya terjadi juga karena ada gangguan pada faktor daya tahan tubuh, faktor lingkungan, dan faktor bakteri. Untuk itu, beberapa hal yang harus diantisipasi antara lain memastikan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi selalu higienis dan dalam keadaan segar, kebersihan lingkungan harus selalu terjaga, serta bagi anak-anak dan orang tua agar diberikan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral. *(ND)


Comments System

Disqus Shortname