Monday, June 15, 2015

Selamatkan Muara Gembong

Gerakan masyarakat bekasi untuk melindungi ekosistem alam di Muara Gembong Bekasi dari abrasi pantai yang kian hari semakin tidak tertahankan. Berbagai tindakan penyelamatan terhadap daerah pesisir pun telah banyak dilakukan oleh pemerintah, industri (melalui program Corporate Social Responcibility atau CSR), maupun masyarakat yang memang peduli dan tergerak untuk melakukan penyelamatan lingkungan dan penyelamatan fauna yang ada di dalam muara gembong tersebut seperti, lutung jawa atau Lutung Budeng (Trachypithecus Auratus,  The Javan lutung, Ebony Lutung atau Javan Langur),  Surili (Presbytis comata), ker ekor panjang (Macaca fascicularis), dan beberapa burung Ketupa ketupu (Burung Hantu), burung dara laut, burung raja udang, elang, pelatuk, dan burung madu.



Muara Gembong sendiri memiliki hutan produktif yang kurang lebih seluas 5.450 hektar dari total area hutan lindung di kecamatan Muara Gembong, yang area hutan 5.450 hektar tersebut sah dilakukan pembangunan, pemukiman atau industri. Maka dari itu masyarakat yang peduli muara gembong terus menerus menggerakkan aksi social seperti penanaman pohon bakao untuk mengemballikan hutan mangrove yang hampir habis. Dengan gerakkan yang dinamakan Savemugo (Save Muara Gembong) ini bisa membantu masyarakat bekasi khususnya dan yang lain umumnya.



Beberapa komunitas dan mahasiswa pun tak kalah ikut partisipasi menjadi relawan alam gerakan Savemugo ini seperti, Calandra (BSI), Komunitas Bekasi Berkebun, universitas sahid, STIIE BII Bekasi, generasi hijau, bekasi berkebun, dll. Yang berharap semua pun dapat berpartisipasi untuk lingkungan di Muara gembong. “Muara Gembong merupakan bagian dari Kota Bekasi, maka sudah sepatutnya kami dan masyarakat lainnya lebih peduli tentang masalah abrasi ini. Melalui kegiatan ini juga kami berharap agar lebih banyak lagi komunitas atau bahkan pemerintah daerah yang melakukan perbaikan untuk masyarakat di sana,” jelasnya Annisa  Humas Bekasi berkebun.
(Afif M)

Comments System

Disqus Shortname