Sunday, January 26, 2014

Waspada Jalan Berlubang!




Curah hujan yang sangat tinggi beberapa minggu ini sudah menjadi suatu kondisi yang tak asing lagi di daerah Jabodetabek. Selain memang sudah memasuki musim penghujan, kabarnya pada musim hujan kali ini intensitas curah hujan memang lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya. Dampaknya pun bisa kita rasakan bersama sampai saat ini. Tak hanya merendam beberapa wilayah di daerah Ibukota dan wilayah lainnya yang terus menerus diguyur hujan, hal tersebut juga berdampak pada ruas jalan yang turut mengalami kerusakan.

Dampak lainnya dari curah hujan yang cukup ekstrim ini adalah rusaknya ruas-ruas jalan di beberapa wilayah di berbagai daerah di Jabodetabek. Kerusakan jalan kali ini berupa ruas jalan yang berlubang hingga ada ruas jalan yang menjadi bergelombang, karena terlalu parah dan banyaknya jumlah lubang yang ada pada jalan tersebut. Ironisnya keadaan itu tidak hanya terjadi pada jalan-jalan kecil saja, namun beberapa jalan protokol dipusat kota pun mengalami hal yang sama.

Tak hanya merusak pemandangan tetapi keadaan tersebut membuat risih para pengguna jalan. Pasalnya lalu lintas pun menjadi terganggu bahkan menyebabkan macet panjang. Rudi (26) mengungkapkan beberapa hari belakangan ia harus berangkat lebih pagi agar tidak telat sampai tempat tujuannya dikarenakan semenjak banyaknya ruas jalan yang rusak menyebabkan macet dimana-mana. Para pengendara pun sangat berhati-hati saat melewati jalan-jalan yang berlubang tersebut. Selain dapat merusak kendaraannya, bahaya lainnya yaitu dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Disamping itu kondisi jalan berlubang juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum nakal untuk mencari keuntungan. Terbukti saat tim orange yang merupakan sebuah komunitas ‘Pencegah Ranjau Paku Jalan’ menetralisir beberapa ruas jalan di kota Bogor berhasil mengumpulkan sekitar 10 kg paku dan jenis lainnya yang dapat membuat ban kendaraan bocor.

Sampai saat ini pemerintah kota dan kabupaten dibeberapa daerah yang mengalami hal tersebut pun belum terlihat aksinya untuk membenahi masalah ini. Namun kabarnya beberapa daerah di Jabodetabek sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk memperbaiki jalan. “Pengennya sih secepetnya ya, biar jalannya juga enak terus gak macet gini.” Ucap Efi (30) salah satu pengendara sepeda motor yang biasa melintasi jalan Laladon Raya, Bogor Barat. (RW)

Comments System

Disqus Shortname