Tuesday, January 21, 2014

Ratusan Pengungsi Terlantar Di Posko Bencana




Inspirasi - Banjir merupakan hal yang tidak pernah ada habisnya untuk di bicarakan. Tidak ada satupun rezim hingga saat ini yang mampu mengatasi bencana yang satu ini. Setiap tahunnya warga Jakarta harus menelan pil pahit akan datangnya bencana ini, kerugian yang dialami juga bukanlah jumlah yang sedikit. Berdasarkan survey banjir tahun ini bertambah parah di banding tahun sebelumnya. 

Intensitas curah hujan yang tinggi sejak Desember tahun lalu membuat beberapa tempat di Ibukota terendam banjir. Tidak terkecuali di daerah Cengkareng yang selalu menjadi langganan banjir yang datang setiap tahunnnya. Kali ini hal tersebut memaksa warga Cengkareng untuk meninggalkan tempat tinggal mereka sejak 18 Januari 2014 lalu.

Tercatat ketinggian air di daerah Cengkareng meningkat dari 40 cm menjadi 60 cm pada Minggu (19/01) kemarin. Warga Cengkareng yang rumahnya terendam banjir kini ditampung di beberapa posko bencana salah satunya terletak di SMP N 249. Jumlah pengungsi sampai saat ini berjumlah 493 jiwa, 60 diantaranya adalah balita. Disamping itu sangat disayangkan pihak pemerintah khususnya Pemprov DKI Jakarta sendiri terkesan sangat lambat dalam menangani banjir kali ini. Hal itu dibuktikan dengan kurangnnya bantuan untuk para ngungsi di posko SMPN 249.

Pada minggu pagi bantuan mulai berdatangan dari DAMKAR, Kecamatan  dan Yayasan Bunda Tzu Chi. Sementara itu menurut penuturan Mimbar Ketua Kordinator Posko Banjir “Untuk bantuan kita masih sangat kurang dari mulai makanan, peralatan bayi, obat – obatan, dll. Melihat banyaknya jumlah pengungsi, di khawatirkan para pengungsi akan terlantar. Berdasarkan hal tersebut pemerintah seharusnya bisa lebih cepat tanggap dalam mengatasi bencana banjir, melihat bencana ini merupakan hal yang datang setiap tahunnya dan hingga saat ini masih terlihat ketidaksiapan pemerintah dalam mengatasi banjir. Semoga rezim yang berkuasa saat ini akan mendapat jalan keluar dari masalah yang sudah seharusnya bisa diatasi dengan berbagai kemajuan di berbagai bidang saat ini. (MYS)

Comments System

Disqus Shortname