Thursday, January 17, 2013

BMKG : Aneh, Hanya Jabodetabek Hujan



Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat intensitas curah hujan di Jakarta sangat tinggi. BMKG menegaskan, banjir yang melanda Jakarta kali ini tidak disebabkan karena siklus lima tahunan. 

"Banjir hari ini bukan siklus lima tahunan, kita juga tidak ada istilah siklus lima tahunan.

Saat ini ada sedikit keanehan, karena hujan hanya terjadi di Jabodetabek," ujar Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Hariadi di kantornya, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2013). 

Dia menjelaskan, hujan tersebut diakibatkan angin monson Asia yang melanda Jakarta dan sekitarnya. "Kita memprediksi ada hujan dengan intensitas tinggi akibat ada angin monson di Jabodebatek," imbuhnya.



Menurutnya, angin monson tersebut terjadi pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Angin monson bergerak sangat cepat ke Indonesia. 

"Pada saat musim hujan ini ada angin monson Asia ini bergerak sangat cepat. Kita mendeteksi angin monson masih masuk ke Pulau Jawa  hingga hari minggu dengan intensitas yang tinggi," jelasnya. 

Dia menambahkan, selain terjadinya angin monson, cuaca ekstrem yang melanda Jakarta juga dapat disebabkan oleh konvergensi cuaca daerah tropis.
(ful)

Comments System

Disqus Shortname