Friday, November 16, 2012

Armada Busway Yang Semakin Tua


    
Inspirasi - Tepat Pukul 08.20 WIB, Bus Trans Jakarta (Busway)  mengalami kecelakaan didaerah Senen, Jakarta Pusat. Busway tujuan harmoni-PGC ini sempat membuat para penumpang panik sebab asap tiba-tiba keluar dari bagian belakang, kejadian itu bermula saat busway yang dikendarai dengan kondisi pelan tiba-tiba terdengar suara teriak-teriak dari penumpang belakang untuk menyelamatkan diri. Banyaknya penumpang saat itu menyebabkan sulitnya mencari jalan keluar dan akhirnya baberapa penumpang berinisiatif untuk memecahkan kaca bagian tengah busway, untuk mencari jalan keluar karna dikhawatirkan akan terjadi peledakaan sebab busway menggunakan bahan bakar gas. Beberapa menit kemudian petugas dapat membuka pintu bagian dapan dan bagian tengah untuk para penumpang loncat keluar. Dari kejadian ini ada seorang penumpang yang mengalami luka dibagian tangan saat ia memecahkan kaca menggunakan alat darurat.

            
Tak lama dari kejadian itu para penumpang berpindah untuk menaiki buasway yang lain. Diperkirakan oleh petugas bahwa adanya radiator yang mengalami kebocoran, "itu sudah biasa terjadi, dan nggak akan kebakaran kok tenang aja" Ujar petugas santai. Keadaan busway yang sudah tua dapat mengancam keselamatan penumpang namun dari petugas hanya meremehkan begitu saja. Didalam busway yang kedua masih banyak penumpang yang shock dan trauma atas kejadian yang baru saja dialami.
           
Seharusnya sebelum armada digunakan sebaiknya dicek dahulu bagaimana keadaannya, memang musibah datang begitu saja tapi antisipasi sangatlah diperlukan sebab kejadian dapat ini mengilangkan nyawa masyarakat yang mengunakan jasa busway. Perbaikan sangatlah diperlukan agar hal-hal seperti jangan sampai terulang kembali.(AV)

Comments System

Disqus Shortname