Monday, November 5, 2012

Kebijakan UTS Online di BSI


Inspirasi - Salah satu kewajiban yang harus kita kerjaan saat menjadi mahasiswa yaitu Ujian Tengah Semester atau yang biasa disebut UTS. Ujian Tengah Semester ini akan dilaksanakan pada tanggal 5-10 November oleh seluruh mahasiswa Bina Sarana Informatika. Namun untuk para mahasiswa yang mengikuti expedisi 25 BSI UTS mereka diudur sampai mereka pulang dari expedisi. Dimulai dari hari Senin dan berakhir pada hari Sabtu ini UTS dilakukan dengan system online yang berbentuk multiple choice dengan matakuliah sesuai fakultas masing-masing.

Di BSI Cengkarang sendiri berbagai persiapan pun dilakukan diantaranya seminggu sebelum UTS sudah diberi pengarahan oleh dosen penasehat akademik dan dosen yang mengajar matakuliah untuk mencoba mengkoneksikan laptop masin-masing mahasiswa dengan hotpot BSI sesuai ruangan yang akan digunakan nantinya. Namun ada beberapa laptop mahasiswa yang tidak terhubung dengan hotspot BSI, untuk yang belum dapat terkoneksi sendiri pada hari Sabtu diharuskan untuk datang agar laptopnya dapat diinstall drivernya kebanyakan yang tidak terkoneksi adalah laptop-laptop yang baru. Selain itu masalah yang hadapi adalah koneksi internet yang tiba-tiba terputus ini sangat dikhawatirkan sebab takutnya saat ditengah-tengah mahasiswa mengerjakan soal namun internet yang digunakan jaringannya terputus dan dapat membuat hasil UTSnya 0. Mengenai itu Pak Wahyu seorang dosen penasehat akademik kelas 11.1C.25 menjelaskan bahwa disaat UTS berlangsung ketika terdapat kendala maka sebaiknya langsung dilaporkan kepada pengawas ruangan masing-masing.

Untuk persyaratan mengikuti UTS diantaranya mengunakan pakaian putih hitam, mencetak dan membawa KRS (Kartu Rencana Studi), membawa katu identitas boleh berupa KTM(Kartu Tanda Mahasiswa) maupun KTP. Keterlambatan sendiri minimal 10 menit dari dilaksanakannya UTS, UTS dilaksanakan sesuai dengan jadwal matakuliah yang biasanya. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk membawa laptop sendiri, dan tidak diperbolehakan untuk mengunakan laptop yang sama dengan cara bergantian. Untuk Matakuliah Unggulan soal yang akan dikerjakan antara 25-30 soal, namun untuk matakuliah yang hanya 2 SKS jumlah soal yang akan diberikan adalah 20 soal. Untuk Durasi waktu yang matakuliah 4 SKS selama 45-60 menit sadangkan yang 2 SKS hanya 30 menit dan waktu yang diberikan harus digunakan semaksimal mungkin jangan sampai waktu terbuang dengan sia-sia. Dan setelah selesai mengerjakan soal sebaiknya simpan bukti yang ada dalam bentuk PDF agar jikalau nanti ada matakuliah yang tidak ada nilainya kita mempunyai bukti sudah mengikuti matakuliah tersebut.

Selain itu untuk matakuliah Elearning dilakukan secara online juga namun tidak harus datang ke kampus biasa mengerjakan ditempat masing-masing dengan jadwal yang telah ditetapkan. Kisi-kisi soalpun sudah diberikan jauh-jauh hari agar para mahasiwa dapat mempelajarinya sebelum UTS dilaksanakan. Semoga UTS berjalan dengan lancer dan tidak ada kendala sedikitpun selain itu jaga kesehatan kita agar dapat mengikuti UTS dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan hasil yang memuaskan.(AV)

Comments System

Disqus Shortname