Friday, November 7, 2014

EKSPEDISI 27 TAHUN BSI : PELATIHAN DAN PELEPASAN PESERTA EKSPEDISI


majalahinspirasi.net-Melanjutkan rangkaian dari kegiatan Ekspedisi 27 tahun BSI, dilakukan pelatihan (coaching) bagi seluruh peserta oleh beberapa orang yang kompeten baik di bidang pengajaran maupun pengembangan karakter. Hal ini dimaksudkan agar setiap peserta ekspedisi memiliki kemampuan dan pengetahuan terkait dengan apa yang akan mereka lakukan di lokasi ekspedisi. Pelatihan pertama yang diberikan berupa teknik mengajar yang baik yang dibimbing oleh Dahlia Sarkawi, Sabtu (11/10) di aula kampus BSI Pemuda. Tujuan diadakannya pelatihan ini guna memberikan bekal kepada peserta ekspedisi yang nanti akan berangkat ke desa-desa pesisir tentang bagaimana teknik mengajar yang baik dan benar terutama bagi  anak-anak sekolah dasar.

Pelatihan kedua diisi dengan materi fun writing dan teknik fotografi, Minggu (12/10) di uula kampus BSI Jatiwaringin. Pada kesempatan ini tampil sebagai narasumber Zulfah dari UKM LPM Inspirasi BSI dan Achmad Jazuli dari UKM Impra BSI. Kegiatan ini amat menarik bagi para peserta karena mendapatkan sesuatu yang baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya, demikian ungkap salah seorang peserta. Para peserta pun sangat antusias dlam menyimak setiap penjelasan yang diberikan oleh narasumber/tutor, terlebih saat mereka harus mampu mengabadikan berbagai momen pada materi fotografi. Pelatihan ini berakhir pada pukul 13.30, dan selanjutnya peserta akan diberikan pelatihan lanjutan.

Pelatihan selanjutnya yang wajib diikuti oleh setiap peserta ekspedisi BSI yaitu teknik reportase dan penulisan berita, Sabtu (18/10) berlokasi di kampus BSI Kramat 18. Hadir sebagai pemateri pelatihan Zulfah dari UKM LPM Inspirasi BSI. Para peserta selain nantinya difokuskan pada pengabdian masyarakat berupa memberikan pengajaran bagi siswa sekolah dasar, mereka juga harus mampu mendokumentasikan setiap kegiatan dan momen selama di lokasi, baik dalam bentuk berita, artikel maupun foto. Pelatihan ini tentunya akan melatih kemampuan setiap peserta ekspedisi dalam menuangkan setiap ide mereka dalam sebuah tulisan, yang nantinya hasil dari dikumentasi tersebut akan dibuatkan buku tentang ekspedisi 27 tahun BSI.

Pelatihan terakhir yang diberikan kepada peserta ekspedisi yaitu pelatihan pertolongan pertama dasar dan  kedaruratan medis atau lebih dikenal dengan P3K, Minggu (19/10) di kampus BSI Kramat 18. Pengisi materi/narasumber disampakan  oleh Dika dari UKM KSR BSI. Selain diberikan berbagai macam teori tentang bagaimana cara melakukan pertolongan pertama dan darurat medis, para peserta ekspedisi juga diminta untuk memperagakan teori-teori tersebut secara simulasi kelompok. Para peserta sangat bersemangat dan antusias serta saling berlomba-lomba untuk menampilkan performance yang baik.

Setelah dibekali dengan berbagai macam pelatihan, tibalah saatnya seluruh peserta dilepas untuk menuju lokasi desa-desa yang telah ditentukan. Secara keseluruhan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ekspedisi ini berjumlah 116 orang. Acara pelepasan dilaksanakan di halaman kampus BSI Pemuda, Senin (3/11), diawali dengan upacara apel pelepasan peserta, bertindak sebagai pembina apel Syamsul Bahri selaku penanggung jawab kegiatan ekspedisi BSI kali ini. Dalam sambutannya Syamsul Bahri meminta kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga nama baik almamater BSI, melakukan pengabdian masyarakat secara baik, dan mampu memberikan kesan baik di masyarakat. Upacara apel juga ditandai dengan penyematan kaos peserta secara simbolis kepada dua orang peserta, dan sebagai penutup yaitu pembacaan doa oleh Nandang Iriadi.

Setelah apel upacara selesai dilakukan press conference panitia pelaksana ekspedisi bersama awak media. Perwakilan panitia pelaksana antara lain penanggung jawab ekspedisi Syamsul Bahri, ketua pelaksana Derry Wiliandani, wakil ketua pelaksana Helmy Maulana Fahmi serta dua orang perwakilan peserta ekspedisi. Pada sesi tanya jawab disampaikan tentang maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ekspedisi BSI, alasan memilih desa pessisir, serta teknis pelaksanaannya. Dijelaskan pula mengenai lokasi-lokasi yang menjadi objek kegiatan, dan acara yang berlangsung selama 45 menit tersebut diakhiri dengan foto bersama.   

Acara dilanjutkan dengan tasyakuran bagi para peserta ekspedisi dengan menghadirkan penceramah Ustad H. Ghozali, dalam ceramahnya disampaikan pentingnya selalu bersyukur dan menjaga ahlakul kharimah, etika dan moral khususnya selama perserta ekspedisi melakukan kegiatan. Sebagai ahir dari acara tasyakuran dilakukan doa bersama dipimpin oleh Ustad H. Ghozali, dalam doanya disampaikan permohonan untuk diberikan sehat jasmani dan rohani, kemudahan dalam melakukan kegiatan, keteguhan mental, serta ampunan bagi orang tua.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah, yang diisi dengan penjelasan tentang teknis keberangkatan peserta, baik rute maupun kesiapan tim dalam perjalanan, juga pembagian atribut-atribut kelengkapan. Setelah acara selesai, seluruh peserta diminta untuk istirahat dan tidur untuk menjaga stamina saat keberangkatan.

Tepat pada pagi hari, Selasa (3/11) seluruh peserta ekspedisi yang terbagi ke dalam 27 tim berangkat menuju lokasi yang telah ditentukan dilepas oleh koordinator bidang kemahasiswaan Slamet Heri, Novita Indriani, Ahmad Fauzi, Anjar Nugroho. Disertai ucapan selamat dan jabat tangan seluruh peserta dengan penuh semangat dan keceriaan berangkat meninggalkan kampus BSI Pemuda guna melaksanakan tugas mulia di daerah-daerah pesisir. (SMH/AGO).

Comments System

Disqus Shortname