Sunday, September 16, 2012

Konsolidasi Audiensi IKBM


Inspirasi-Konsolidasi yang diselenggarakan oleh IKBM (Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa) pada Sabtu, 15 September 2012. Sekaligus memanfaatkan moment dimana pada hari ini pula seluruh elemen organisasi kemahasiswaan di kampus BSI Sejabodetabek baik SEMA maupun UKM tengah berkumpul dalam suatu tempat, sebuah hajatan rutinitas yang juga jarang ditemui.

Adapun pada agenda konsolidasi kali ini, pembukaan pembahasan dipimpin oleh menteri sosial dan politik BEM, Elmawan Ramdhani dalam rangka pembahasan rencana agenda audiensi ormawa IKBM beserta lembaga terkait realisasi hasil Mubes V IKBM BSI Komisi B (Akademik, Sarana dan Prasarana). Selain itu juga agenda pemberian emblem dan poster struktur IKBM, serta laporan dan informasi terupdate mengenai ekspedisi HUT BSI.

Agenda ini  diawali dengan sosialisasi selebaran hasil Mubes V IKBM BSI Komisi B, Elmawan mengakui bahwa diruang sekretariatan BEM juga sudah ada bertumpuk-tumpuk selebaran yang siap dibagikan dan ditempelkan dipapan maddng dikampus-kampus dan disosialisasikan kepada para mahasiswa umum dari hasil yang telah dirumuskan pada Mubes V IKBM BSI lalu, namun hal tersebut akhirnya tidak mendapat persetujuan dari pihak lembaga karena pertimbangan dan alasan tertentu. Hal ini disinyalir bahwa mungkin saja ada rasa kekhawatiran di tubuh lembaga jika mahasiswa umum ikut merongrong pihak kampus dalam merealisasikan rumusan hasil Mubes V IKBM tersebut.

Namun dari informasi yang didapat, kekhawatiran tersebut tidaklah ditemukan benar adanya karena pihak lembaga justru hanya mengharapkan agar para ormawa dan IKBM bergerak sesuai dengan prosedur yang berlaku dan diterapkan, maksudnya sebelum ada ditahapan untuk pemasangan selebaran ataupun baliho dikampus-kampus perlu adanya sebuah pertemuan, audiensi, serta koordinasi dari masing-masing kepala biro terkait mengenai masing-masing tuntutan yang ada. Hal ini lah yang kemudian menjadi pembahasan panjang dalam  konsolidasi yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB.

Mengenai serangan strategi yang dibuat dalam rencana audiensi tersebut juga banyak dibahas mengenai teknisi pelaksanaan dan beberapa hal yang menjadi catatan penting di setiap lini IKBM, suasana konsolidasi juga nampak memang lebih tenang dan teratur dibandingkan rapat dan koordinasi saat Mubes V IKBM lalu yang dihujani banyak interupsi. Dicanangkan bahwa untuk agenda audiensi ini akan difasilitasi langsung oleh BEM dan MPM sebagai lembaga tertinggi Ormawa.

Dengan hal ini juga diharapkan agar kekuatan IKBM mampu menciptakan audiensi yang bersifat terbuka dan transparan, pun juga bagi mahasiswa umum dapat turut menyaksikan perjuangan para organisatoris yang tengah memperjuangkan hak dan aspirasinya untuk semua.

Meski memang perlu disadari bahwa pekerjaan terberat juga tengah disodorkan didepan wajah-wajah setiap personal elemen-elemen yang siap dan mampu untuk berkomitmen akan segala hal yang digelontorkan untuk tidak hanya menjadi hiasan bibir belaka, dan perbaikan internal sendiri serta penguatan-penguatan yang senantiasa dilakukan selalu menjadi upaya dan harapan semua agar IKBM dapat selalu menjadi lebih baik dan lebih berkibar ranahnya. (DZ)


Comments System

Disqus Shortname