Tuesday, September 18, 2012

BSI Expo 2012, "Mengukir Prestasi Membangun Negeri"


Inspirasi - Kegiatan rutin BSI pada awal tahun akademik memang sudah menjadi tradisi. Seminar Motivasi yang dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta kembali didatangi oleh ribuan mahasiswa baru. Namun kali ini terdapat sedikit perbedaan dibandingkan dengan kegiatan serupa tahun lalu. Kegiatan Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT) yang biasanya diselenggarakan dalam waktu yang berbeda, namun tidak untuk tahun ini.

Bapak Nandang Iriadi, M.Kom , Wakil Ketua Pelaksana SEMOT 2012 mengungkapkan “Penggabungan dua kegiatan tersebut dimaksudkan agar materi  yang  disampaikan pada kegiatan ORMIK tentang informasi akademik dan seputar BSI menjadi lebih padat”. SEMOT 2012 yang diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 15 & 16 September 2012 ini diisi oleh 5 pembicara yang memiliki visi & misi yang berbeda-beda. Topik yang disampaikan pun juga bebeda, seperti materi yang disampaikan oleh Arvan tentang Dream, Abdul Kohar tentang Happines, dan masihg ada lagi.


Perbedaan lainnya yaitu adanya sumbangan buku untuk Sekolah Dasar terpencil yang ditukarkan dengan sebuah buku BSI yang bejudul “Beyond, Succes, and Inspirastion”. Kegiatan sumbanganbuku tersebut juga bekerja sama dengan Ekspedisi 25 Gunung yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa (IKBM) BSI. SEMOT tahun ini yang bertemakan 25 Tahun BSI Mengukir Prestasi Membangun Negeri masih memiliki perbedaan dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya, yaitu kaos yang dikenakan oleh para peserta merupakan hasil kreativitas darimahasiswa itu sendiri.

Seperti halnya setiap acara yang diselenggarakan pasti adakendala yang dihadapi oleh pelaksana kegiatan tersebut, begitu pula dengan kegiatan ini. Dihari pertama pelaksanaan banyak peserta yang datang terlambat, sedangkan pada hari kedua juga demikian tetapi dikarenakan adanya Car Free Day di beberapa ruas jalan Jakarta. Walaupun demikian acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB itu tetap terlaksana tepat waktu. Adanya Doorprize berupa 2 laptop setiap harinya itu menjadi suatu apresiasi dari pihak lembaga dengan keikutsertaan dalam acara SEMOT tahun ini.

Disamping kegiatan Seminar Motivasi, juga diadakan kegiatan BSI Expo yaitu salah satu bidang kegiatan dalam kepanitiaan SEMOT. Imam Roziqin yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana pada kegiatan BSI Expo tersebut mengakui bahwa kegiatan BSI Expo tahun ini lebih baik, lebih berwarna dan lebih atraktif dibandingan dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti halnya SEMOT, BSI Expo pun mempunya beberapa kendala yang terjadi pada saat pelaksaannya. Keterlambatan beberapa Ormawa yang menyebabkan ketidakserempakan pada hari pertama, namun situasi sebaliknya terjadi padahari kedua pelaksanaannya.

Beberapa komplain yang datang dari pihak ormawa pun diterima oleh panitia BSI Expo, seperti UKM Poe Agape yang mengalami kerusakan pada listrik dengan cepat ditindaklanjuti oleh pihak penyelenggara dan pengelola. Tercatat 50 peserta dari seluruh ormawa yang mendaftarkan diri pada BSI Expo tahun ini, diantaranya Organisasi Mahasiswa 30 stand, Himpunan Jurusan 10 stand, Pihak Internal (BSI career, dan lain sebagainya) 4 stand, Ekspidisi 25 Gunung dan Komando masing-masing 1 stand, dan juga Sponsor 4 stand.  Hubungan antara penyelenggara dan peserta BSI Expo tahun ini berjalan dengan baik. Penyampaian informasi melalui Himpunan Mahasiswa disampaikan melalui ketua jurusannya masing-masing, sedangkan untuk UKM dan SEMA disampaikan melalui PUDIR III.

BSI Expo kali ini pun dijadikan ajang perlombaan bagi peserta yang mengikutinya. Adapun kriteria yang dijadikan patokan sebagai penilaiannya yaitu dekorasi, minat kunjungan, persuasif dan juga informasi yang disampaikan pada mahasiswa baru. Pemenang BSI Expo tahun ini pun diberikan penghargaan berupa piala agar mereka terpacu untuk menjadi pemenang dalam kegiatan tahun ini. Namun sangat disayangkan SEMA Kramat 168 tidak mengikuti kegiatan BSI Expo tahun ini tanpa alasan. (RW)

Comments System

Disqus Shortname