Thursday, June 28, 2012

Google Nexus 7: Tablet dengan Android Jelly Bean


Perusahaan raksasa Google melakukan sebuah gebrakan baru, yakni dengan meluncurkan produk tablet buatannya yang bekerja sama dengan produsen komputer dari Taiwan, Asus. Tablet yang diberi nama Google Nexus 7 ini berukuran 7 inci dan juga dibekali dengan spesifikasi  yang bisa dibilang "berkualitas". Layar yang digunakan sudah HD dengan resolusi 1280 x 800 HD display (216ppi) yang juga dilengkapi dengan Back-lit IPS display dan juga layar yang menggunakan Corning Glass yang tahan terhadap goresan namun dengan harga terjangkau.


Tablet ini juga telah dibekali dengan sistem operasi Android paling baru yaitu Android Jelly Bean versi 4.1, sistem operasi ini menjanjikan performa yang lebih halus dan lebih cepat. Nexus 7 menggunakan memori RAM sebesar 1GB dan juga dilengkapi kapasitas penyimpanan 8GB atau 16GB. Untuk prosesor yang digunakannya pun sudah memakai NVIDIA Tegra 3 yang sudah merupakan prosesor Quad Core, bahkan tablet ini juga dilengkapi dengan NFC. Untuk menopang spesifikasi yang melimpah ruah tersebut, Nexus 7 dibekali dengan baterai yang cukup memadai yakni sebesar 4325 mAh yang bisa menjalankan seluruh program di dalam tablet tersebut hingga 8 jam penggunaan. Tablet ini juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth dan micro USB.

Beredar kabar pihak Google akan menjual tablet Nexus 7 ini dengan harga 199 USD atau sekitar Rp 1,9 jutaan, sangat terjangkau melihat segala fitur yang ditanamkan di dalam tablet tersebut juga bukan fitur kelas murahan, berbanding terbalik dengan tablet - tablet berkualitas yang dikeluarkan produsen - produsen raksasa lainnya yang menjual tablet buatan mereka dengan kisaran harga Rp 4-5 jutaan.

Sampai saat ini belum ada kepastian dari pihak Google kapan tepatnya Tablet Nexus 7 keluarannya tersebut beredar di pasar Indonesia dan juga akan dijual dengan harga berapa. Untuk kawasan Amerika, tablet ini sudah bisa dipesan terlebih dahulu namun baru akan masuk pasaran resmi amerika pada bulan Juli 2012. #Ryan Maulana


Comments System

Disqus Shortname