Sunday, February 12, 2012

Kisah IP MAN


Sobat inspirasi, kalian semua pasti tau kan siapa Bruce Lee??? Ya, dia adalah seorang ahli kungfu sekaligus aktor terkenal dari china. Di balik semua kesuksesan Bruce Lee pasti ada orang penting yang berperan di belakangnya. Ya dia adalah IP MAN, guru yang mengajari Bruce Lee hingga menjadi ahli kungfu.

Namun demikian di sini saya akan menceritakan tentang kisah seorang IP Man yang begitu mengesankan. Kisah guru IP ini pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008 oleh sutradara bernama Wilson Yip

Kisah IP Man (Donnie Yen) berawal dari kota Foshan era 1930an,sebuah kota kecil di Cina. Guru IP tinggal bersama istri dan anakny di rumah yang besar dan mewah. Guru IP adalah seorang yang terkenal kaya raya dan mmiliki ilmu kungfu yang sangat hebat dengan aliran wing chun. Meski memiliki ilmu yang hebat,guru IP tidak pernah memamerkan ilmunya kepada siapapun. Walaupun Foshan adalah kota yang terkenal dengan kungfu dan banyak perguruan silat tapi guru IP tidak pernah mengangkat seorang murid.

Kehidupan guru IP berubah saat Jepang menguasai China tahun 1937. Sang guru yang tadinya hidup dengan bergelimang harta, sekarang harus menjadi seorang buruh tambang batu bara,dan harus meninggalkan rumahnya karena dijadikan markas oleh tentara jepang. Di sinilah guru IP mulai memperlihtkan kemampuan kungfunya melawan ahli bela diri jepang yang membunuh para buruh lantaran sekantong beras dalam ajang kungfu.

Melihat kehebatan guru IP, jendral miura (Hiroyuki Ikeuchi) dari pasukan jepang menjadi bernafsu untuk melawan guru IP di arena pertarungan. Sementara itu guru IP melatih kungfu pada para buruh pabrik kapas agar mereka bisa mengalahkan perampok yang dipimpin oleh ahli kungfu yang pernah di kalahkan guru IP pada masa lalu.

Beberaa hari kemudian akhirnya guru IP bertarung dengan jendral miura di atas arena,yang di saksikan oleh seluruh rakyat cina. Tendangan dan tinjuan berkali-kali menghantam tubuh mereka berdua hingga darah pun melumuri tubuh mereka berdua. Setelah lama mereka bertarung akhirnya jendral miura berhasil dikalahkan oleh guru IP. Asisten jendral miura yang tidak menerima kekalahan akhirnya menembak guru IP. Dan guru IP pun jatuh hingga hampir pingsan. Tapi untungnya nyawa sang guru masih bisa diselamatkan.

Comments System

Disqus Shortname