Friday, January 10, 2014

Seminar Building Web & Server HMJTK



Inspirasi-Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer (HMJTK) baru-baru ini mengadakan Seminar Building Web & Server bertempat di Aula Kampus Cabang Salemba 22. HMJTK berdiri pada tahun 2002. Di tahun 2008, HMJTK mengalami kemerosotan, dikarenakan sedikitnya minat anggota dan tidak banyak membuat acara seperti sekarang ini. Akan tetapi, di tahun 2012 HMJTK mulai berbenah diri, dan menarik banyak mahasiswa aktif Jurusan Teknik Komputer. “Di tahun 2012 kemarin, HMJTK masih berantakan banget. Masih banyak orang yang belum tahu.” ujar Teguh selaku Ketua Umum HMJTK. Teguh menambahkan “Kami dari HMJTK ingin terus mengadakan acara-acara yang bermanfaat bagi semua mahasiswa. Dengan biaya yang terjangkau, tetapi memberi ilmu dan wawasan yang bermanfaat.”

Dalam seminar ini, menjelaskan tentang 2 pembahasan yaitu Building Server dan Web Design. Kedua materi ini disampaikan oleh 2 narasumber yang berbeda. Untuk materi Building Server diberikan oleh Teguh Utomo, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum di HMJTK. Sedangkan materi Web Design disampaikan oleh Singgih Ardianto, yang mengawali kariernya sebagai asisten dosen pemrograman. 
“Tujuan seminar ini diadakan yang pasti untuk menambah wawasan mahasiswa BSI khususnya HMJTK sendiri.” ungkap Teguh. Seminar HMJTK kali ini berhasil menembus target yang telah mereka tentukan. “Target kami 150 peserta, ternyata yang mendaftar melebihi dari target kami.” kata Febri Eko selaku Ketua Pelaksana seminar ini. Mengenai kendala, mereka merasa tidak banyak memilikinya. Hanya saja, seminar ini sempat mengalami penundaan, yang awalnya akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2013 mundur menjadi tanggal 5 Januari 2014. Mundurnya pelaksanaan seminar ini dikarenakan pada saat peminjaman beberapa properti bebrapa properti yang dibutuhkan sedang dipinjam oleh pihak lain juga keterlambatan pencairan dana. Awalnya, seminar ini ingin diadakan seminggu setelah penundaan, yakni tanggal 22 Desember. Tetapi, akhirnya pihak HMJTK sepakat melaksanakan seminar pada tanggal 5 Januari 2014 karena bertepatan dengan waktu seminar tahun lalu yang berjudul “Building Hacking Cyber & Security”.

Menurut Ketua Pelaksana seminar, tenggang waktu persiapan membuat seminar kali ini jauh lebih cepat ketimbang seminar tahun lalu yang berjudul “Cyber & Security”. “Untuk membuat seminar ini, hanya memakan waktu sebanyak kurang lebih 3 minggu saja.” Ujar Febri. Seminar tahun lalu tidak kalah banyak menghadirkan peserta, hanya saja berbeda di tenggang waktu persiapan. “Menurut saya, seminar kali ini sukses. Itu semua juga karena kekompakkan dari panitia HMJTK dan seluruh pihak yang membantu jalannya acara.” Tambah Febri.
           
Mereka berharap, HMJTK akan terus solid dan tidak mengulangi kemerosotannya beberapa tahun lalu. “Semoga makin banyak minat mahasiswa untuk belajar lebih banyak mengenai pemrograman dan tidak hanya stuck dengan ilmu yang itu-itu saja.” ungkap Singgih yang kini merupakan salah satu instruktur Web Programming dan C++ di Kampus Cabang Salemba 22 per April 2013 lalu.
“Seminarnya sih bagus, bahasannya juga sesuai sama mata kuliah saya, tapi mungkin cara mengajar narasumbernya terlalu cepat jadi saya sempat beberapa kali ketinggalan. Setidaknya, ada sertifikat sebagai penunjang pendidikan saya dan yang pasti nambah wawasan saya.” ungkap Karmila, salah satu peserta seminar yang mengambil jurusan Komputerisasi Akuntansi. Antusias peserta terlihat cukup baik, sempat terlihat beberapa mahasiswa yang aktif bertanya mengenai pembahasan yang disampaikan.*(MS)

Comments System

Disqus Shortname