Wednesday, September 16, 2015

Membentuk Karakter Mahasiswa Baru Melalui Orientasi Akademik dan Seminar Motivasi BSI Cikampek 2015


Ospek biasanya identik dengan kekerasan fisik maupun verbal yang dilakukan oleh mahasiswa senior kepada mahasiswa baru. Hal ini tentu saja dapat merendahkan harga diri mahasiswa yang baru saja masuk ke dunia kampus. Berbeda dengan kampus lain, mahasiswa baru dikampus Bina Sarana Informatika dibekali dengan talk show dan seminar-seminar yang dapat membentuk karakter mahasiswa menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada 13 September, BSI Cikampek mengadakan kegiatan Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT) yang bertujuan mengenal dunia kampus sejak dini. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi, pagi dan siang.  Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BSI yang dipimpin oleh MC kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta seraya berdoa untuk para pahlawan yang telah berjuang terutama pahlawan dunia pendidikan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Koordinator Cabang Cikampek Bapak  Awan Setio Budi, S.Kom yang mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di BSI Cikampek. Selanjutnya materi ORMIK yang disampaikan oleh Bapak Didih Adityawarman, M.Kom. Beliau memaparkan tentang pengenalan terhadap kampus, sarana dan prasarana, administrasi akademik, pelayanan mahasiswa, sistem perkuliahan, dan peraturan akademik.


 Selesai ORMIK, mahasiswa baru kemudian dibekali motivasi dalam acara SEMOT yang disampaikan oleh Bapak Ishak Kholil, M.Kom. Beliau mengatakan bahwa “mahasiswa harus mempunyai pola pikir dari siswa menjadi mahasiswa dengan prinsip kuliah 5 As (kerAs, cerdAs, tuntAs, ikhlAs dan mawAs)”. Beliau  juga menambahkan bahwa mahasiswa harus siap dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang sudah diambang pintu karena akan sangat banyak pesaing dari negara luar.

Pemaparan terakhir diisi oleh rekan-rekan dari senat mahasiswa (SEMA) BSI Cikampek yang menjelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi senat mahasiswa, divisi apa saja yang ada di bawah naungan SEMA dan apa saja kegiatan yang telah dilakukan oleh SEMA BSI Cikampek. Di akhir penyampaian materi organisasi, SEMA Cikampek memberikan hadiah doorprize yang cukup menarik bagi yang bisa menjawab games yang diberikan oleh rekan-rekan SEMA.


Kemudian acara dilanjutkan dengan bersama-sama menyematkan almamater BSI sebagai bukti bahwa mahasiswa baru telah resmi menjadi bagian dari civitas Akademi Bina Sarana Informatika. Sebagai salah satu bagian dari  Tri Darma Perguruan Tinggi, di akhir acara mahasiswa baru ini mengadakan pengabdian masyarakat membersihkan selokan dan masjid di lingkungan sekitar kampus. Masyarakat menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan positif semacam ini dapat terus diadakan.


kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa baru dapat mengenal lebih dalam tentang almamater mereka dan menghindarkan stigma negatif tentang ospek bagi mahasiswa baru. Semoga dengan kegiatan ORMIK dan SEMOT kali ini mampu meningkatkan kecintaan terhadap kampus dan kebanggaan mahasiswa baru sebagai bagian dari civitas akademik BSItutur Anjar Ketu pelaksana kegiatan ORMIK. (AGO)

Comments System

Disqus Shortname