Saturday, May 16, 2015

Explorasi Goa Wewewa di Waimanu, Sumba Tengah



Tim Geologi Ekspedisi NKRI 2015 Menemukan Kerangka Manusia saat melakukan penelitian Goa Wewewa di Waimanu, Sumba Tengah.(19/04/2015).Pagi itu Maiwarman dan Aditya Tim Geologi Ekspedisi NKRI Subkorwil 5/Sumba Barat Daya melakukan eksplorasi goa dengan melakukan pengukuran debit air dan pemetaaan goa. Karena goa Wewewa memiliki sungai bawah tanah dengan lumpur setebal pinggang orang dewasa membuat tim ekspedisi terpaksa harus membatalkan pemetaan.

Tim akhirnya melanjutkan kegiatan pemetaan dengan melakukan photography goa. Pada saat pemotretan, Tim dokumentasi menemukan kerangka manusia dalam keadaan utuh didalam goa, yang diperkirakan berjenis kelamin laki laki.Akhirnya Tim Geologi mengevakuasi kerangka tersebut ke atas goa dengan teknik Single Rope Technique (SRT) dan melaporkannya ke Polsek Katikutana. Goa Wewewa memiliki kedalaman + 80 meter, membutuhkan waktu 2 Jam untuk mengevakuasi Kerangka yang ditemukan dari dalam goa.

Goa Wewewa berada didalam Hutan yang jauh dari pemukiman warga letaknya  perbatasan Sumba Tengah dan Sumba Barat. Konon dinamakan goa Wewewa dulu ada salah satu orang Wewewa yang hilang didalam goa saat mencari sarang walet ". Ungkap Amarudi warga setempat.
Brigadir Polisi Juari Rahman selaku Dantim Tim Geologi Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 5/Sumba Barat Daya menduga tulang tersebut berhubungan dengan orang Wewewa yang diceritakan hilang dalam goa oleh masyarakat setempat.
Kegiatan Ekspedisi melibatkan 1.227 personel, Terdiri dari berbagai elemen bangsa seperti TNI, Polri, Para Ahli (Peneliti), Mahasiswa (Akademisi), Pemda dan Masyarakat. Pelaksanaan Ekspedisi berlangsung sejak tanggal 5 Februari dan berakhir pada tanggal 5 Juni 2015. Ekspedisi 2015 adalah yang ke-5 setelah Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Kalimantan.


Ekspedisi NKRI selain menggali potensi yang ada didaerah meliputi flora dan fauna serta kekayaan alam yang belum diberdayakan. Juga melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pembangunan karakter dan bela Negara. Penyuluhan keluarga berencana (KB), Keluarga pra-sejahtera, Penyuluhan kelestarian sumber daya alam, Pengobatan massal, Bakti sosial, Karya bakti infrastruktur sekolah dan tempat ibadah, Kegiatan sanitasi lingkungan, Serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. (Tim Media Ekspedisi NKRI 2015)

Comments System

Disqus Shortname