Monday, May 4, 2015

10 Tuntutan May Day 2015


Jakarta, 1 May jatuh sebagai  hari buruh International atau yang biasa di sebut May Day. Para buruh didunia termasuk Indonesia ikut memperingatinya mulai dengan turun aksi ke jalan untuk long march  untuk  meminta tuntutan-tuntutan untuk kesejahteraan semua buruh yang ada di Indonesia. Hampir 1 juta buruh yang bergabung dengan FSPMI, SPN SPSI KASBI, GSBI, ASPEK, dan aliansi-aliansi buruh lainya akan longmarch menuju istana Presiden. 

Karna 1 mei jatuh pada hari Jumat mereka sempat  melakukan shalat jumat di area luar monas, dari beberapa aliansi buruh memilih untuk melakukan aksinya di istana presiden dan dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang meliputi dari FSPMI, SPN, FSP FARKES REF, PB PGRI, FSP PARIWISATA,FSP PPMI, FSP ISI, dan FSP KEP mempunyai agenda sendiri menuju Gelora Bung Karno (GBK) yang di hadiri kurang lebih 150 ribu buruh.

Seperti  tahun-tahun sebelumnya dan ditahun ini mereka mempunyai 10 tuntutan untuk kesejahteraan buruh di Indonesia. Yaitu ;
1.   Tolak politik upah murah dengan menuntut kenaikan UMP/K sebesar 32 persen ( juga menolak          kenaikan upah 5 tahun sekali dan mendesak pemerintah untuk merubah KHL menjadi 84 item             yang dari 60 item.
2.     Mendesak pemerintah untuk menjalankan jaminan pensiun buruh wajib pada awal Juli 2015                 dengan manfaat pensiun 60% hingga 70% dari gaji terakhir (seperti PNS).
3.    Mendesak pemerintah untuk menambah anggaran jamkes Rp. 30 T  dari APBN.
4.    Mendesak pemerintah untuk segera mengahpus sistem kerja Outsourcing khusus di BUMN.
5.   Menolak kenaikan harga BBM, elpiji, dan TOL  sesuai harga pasar.
6.    Mendesak pemerintah untuk menurunkan harga barang pokok.
7.    End Coorporate Greed (Akhiri Keserakahan Korporasi dan Wujudkan Negara Kesejahteraan)
8.   Mendesak pemerintah untuk mencabut aturan tentang objek vital dan stop tindakan union busting         dan kekerasan terhadap aktivis buruh.
9.     Angkat guru dan pegawai honorer menjadi PNS tanpa test lagi.
10.   Syahkan RUU PRT, revisi UU perlindungan TKI dan revisi total UU PPHI.


Dengan 10 tuntutan itu mereka harap kesejahteraan buruh akan lebih baik, acara yang berada di GBK didatangi oleh 2 orang sekjen dari Internatioanal Trade Union Confederation (ITUC) yaitu, Sharan Burrow (sekjen ITUC dunia) dan Suzuki Noriyuki (sekjen ITUC Asia Pacific), Presiden KSPI Said Iqbal dan dihadiri pula oleh Ketua MPR RI (2004-2009) Bpk Hidayat Nur Wahid yang memberikan sedikit sambutan pada pembukaan May day di GBK dan diisi hiburan pula oleh Ahmad Dhani.
 (Afif M).


Comments System

Disqus Shortname