Tuesday, December 23, 2014

Pembukaan Pelatihan Jurnalis Majalah Gatra


Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke 20  majalah Gatra mengadakan pelatihan jurnalistik yang berlangsung dari tanggal 16-19 Desember dihadiri oleh perwakilan dari 25 pers mahasiswa (PRESMA) se-Indonesia. Dalam sambutannya Budiono Kartohadiprojo selaku presiden direktur  majalah Gatra mengucapkan selamat datang kepada semua perwakilan presma di dapur Gatra.

“selamat datang teman-teman semua dari mahasiswa berbagai-bagai tempat tadi saya ingin mengucapkan selamat datang kembali diruangan ini. Ruangan ini adalah dapur kita untuk menyampaikan, menyajikan berita-berita didalam majalah Gatra”.Mengigat pers merupakan sebuah kekuasaan baru dalam masyarakat ia menghimbau pelalu-pelaku memberitaan dan orang-orang yang betugas didalamnya agar memiliki moral yang baik, memahami etika dan aturan-aturan dalam pemberitaan disertai kepandaian dalam mengolah berita menjadi sesuatu yang menarik dan enak dibaca. Karena berita memiliki kekuatan yang berdampak pada akal dan juga batin.



“Gatra akan memengang teguh mengenai kode etik. Itulah yang kita pertahankan selamanya. Sebab mempertahankan suatu kode etik sangat diperlukan suatu pengorbanan, tidak ada suatu nilai-nilai yang dipertahankan tanpa pengorbanan”
Melihat pertumbuhan dunia saat ini dan menyadari bahwa berita tidak bisa dilepas begitu saja serta perlunya bekal keilmuan dan etika mengenai pemberitaan dalam pelatihan kali ini Gatra memilih presma yang merupakan bagian dari masyarakat terdidik dan memiliki ketertarikan langsung terhadap permasalahan pers yang akan menyebarkan pemikiran-pemikirannya kepada publik.

“Kenapa orang menganggap masuk pers karena suka menulis ? padahal bukan hanya itu, lebih dari itu mahasiswa pers wajib mempunyai bekal yang cukup untuk memanage berita dan berprilaku sebab jurnalisme adalah suatu profesi yang menuntut suatu perbuatan moral yang harus dia patuhi” tambahnya
Diakhir sambutannya ia berharap perwakilan presma yang mengikuti pelatihan dapat menjadi pelopor masyarakat kampus untuk mulai menjelaskan mengenai bagaimana suatu pemberitaan diolah hingga sampai kepada masyarakat dengan memegang teguh moral dan etika mengenai pemberitaan yang benar. (Nida Sri Dewi )


Comments System

Disqus Shortname