Wednesday, May 7, 2014

Trend Peluang Kerja Satu Tahun Terakhir, Akademi BSI Jawabannya!



Tepat memang jika pendidikan tinggi setingkat akademi dalam implementasi pembelajarannya menekankan kepada penguasaan kompetensi  kerja dan pemecahan masalah vokasional (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Hal ini dapat kita lihat dari peluang kerja yang masuk ke Pusat Pengembangan Karir Akademi-Akademi BSI (BSI Career Center),   dalam kurun waktu satu tahun terakhir  ini (April 2013 s.d. April 2014). Dari 650 Perusahaan yang mengajukan permohonan SDM mahasiswa/lulusan, berikut kami sampaikan sepuluh bidang pekerjaan terbanyak dibutuhkan oleh perusahaan :

10 Daftar Peluang Pekerjaan Terbanyak Yang Diminta Perusahaan
Periode Januari 2013 s.d. Januari 2014
No
Peluang Pekerjaan
Yang Ditawarkan
Jumlah Perusahaan
Yang membutuhkan
1
Administration Staff
187
2
Marketing & Public Relations
176
3
Finance & Accounting
142
4
Front Liner  & Customer Service
104
5
IT Support
82
6
Programmer
80
7
Secretary
43
8
GA & HRD Staff
33
9
Supervisor
27
10
Design Graphic
26
              Sumber : Pengolahan Data Tracer Study BSI Career Center April 2014

Jika dianalisa, kesepuluh posisi tertinggi peluang pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan diatas, sangat sinkron (synergi) dengan kompetensi lulusan Akademi BSI.  Bidang Keadministrasian sangat banyak diminta oleh perusahaan mengingat kurikulum yang diterapkan  diseluruh program studi Akademi BSI ternyata sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk bidang Finance & Accounting, di Akademi BSI terdapat Prodi Komputerisasi Akuntansi (AMIK-BSI) dan Prodi Akuntansi (konsentrasi perbankan) serta Prodi perpajakan (AMK-BSI) yang ternyata lulusannya sangat diminati oleh perusahaan. Sementara Pekerjaan Front Liner & Customer Service, marketing & PR secara spesifik sesuai dengan kompetensi lulusan Akademi BSI terutama di AKOM BSI & ASM BSI, tidak sedikit lulusannya mengisi posisi itu.

Permintaan akan tenaga IT Support dan Programmer dari perusahaan terhadap lulusan Akademi BSI (AMIK BSI) sangat mencengangkan, mengingat untuk kedua posisi diatas kita ketahui bersama bahwa setiap perusahaan tidak memerlukan jumlah tenaga kerja yang banyak, namun jika dilihat dari angka yang masuk sungguh sangat fantastis, dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini sebanyak   162  Perusahaan  mengajukan permintaan lulusan AMIK BSI untuk tenaga ahli/terampil dibidang IT Support dan Programmer. Begitupun untuk posisi secretary, meskipun jumlah  SDM untuk jabatan tersebut sangat terbatas diperusahaan, namun setidaknya 43 perusahaan mempercayakan lulusan Akademi BSI (ASM BSI) untuk mengisi posisi secretary di perusahaannya. Tentu ini semua sebuah kepercayaan besar dari perusahaan terhadap kualitas lulusan Akademi BSI.

Mengemban misi Menyelenggarakan Pendidikan yang Berbasis Teknologi & Informasi dengan biaya terjangkau dan mutu yang baik, Akademi BSI hadir menjawab tantangan dan kebutuhan dunia kerja dengan melahirkan tenaga terampil sesuai disiplin ilmu. Dengan Penerapan Kurikulum yang Up To Date,  Peningkatan Kualitas pengajar dan Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, Akademi BSI semakin memberikan solusi terbaik dalam mewujudkan tujuan  pendirian Akademi. Akademi BSI mampu menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mengantisipasi kemajuan dan perkembangan teknologi dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan bidang kerja tertentu. Akademi BSI mampu menghasilkan lulusan yang cerdas, mandiri  dan berdaya saing global. Akademi BSI senantiasa meningkatkan hubungan yang harmonis dengan dunia kerja untuk mendapatkan kesesuaian antara program pendidikan yang diterapkan dengan kebutuhan dunia kerja terkini. (Heri Kuswara)

Comments System

Disqus Shortname