Sunday, July 28, 2013

Menahan Sabar Tak Semudah Menahan Lapar

Sabar adalah salah satu sifat yang harus dimiliki manusia dalam menjalani kehidupan ini sabar menuntun kita pada keikhlasan menerima semua yang dikehendaki oleh Allah tanpa mengeluh. Semua orang dapat sabar menghadapi cobaan yang telah diberikan meskipun sebenarnya cobaan itu kecil dan sangat remeh jika dipandangan dengan kesadaran. Terkadang disaat puasa ada-ada saja hal kecil yang tidak sengaja membuat diri kita marah-marah. Padahal seharusnya kita mampu menjaga hati kita untuk tetap tunduk menghadapi segala hal yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari.

Tingkat kesabaran yang dimiliki manusia tidak ada batasnya sebab yang namanya kesabaran akan Allah uji hingga nyawa taka da dalam diri, manusia kadangkala berkata jika ia mulai frustasi dengan masalah yang dialami akan berkata sabar kana da batasnya. Kebatasan akan sabar tidak akan habis karna dalam setiap waktu sabar akan tubuh seiring waktu berjalan.

Allah memerintahkan setiap hambanya untuk memninta pertolongannya dengan sabar dan sholat sebagaimana firman Allah SWT :
Artinya : “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang - orang yang khusyuk', (Yaitu) orang - orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.” (QS. al-Baqarah [2]: 45 - 46)
Sebaik-baiknya kita yang bisa sabar adalah orang-orang yang mampu menahan diri dari amarah. Dibandingkan dengan menahan lapar dan haus, sabar lebih memiliki nilai yang tinggi sebab kebanyakan dari kita mudah untuk menahan lapar namun untuk menahan sabar itu sendiri belum tentu kita mampu.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن                                      
Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; sesung-guhnya Allah adalah beserta  orang-orang yang sabar. (Al-baqarah ayat 153).

Memohon dan menunggu atas doa yang telah kita minta agar dikabulkan oleh Allah juga merupakan bentuk kesabaran sejauhmana kita mampu menanti untuk Allah terima dan kabulkan doa kita. Bagi kita yang masih suka marah-marah atau tidak menerima cobaan yang datang kepada kita semoga Allah lapangkan hati kita agar kita mampu menjadi orang-orang yang bisa sabar dalam menghadapi segala hal baik yang sifatnya kecil ataupun besar. (VIO)

Comments System

Disqus Shortname