Bisnis toko online menjadi cara bisnis yang semakin menjamur di Indonesia. Selain
dipandang menjadi cara yang efektif dan murah dalam berbisnis juga dianggap
mudah dalam operasionalnya. Setidaknya itulah yang kini di lakukan oleh ‘Warung
Mpok Nini, Pusat makanan khas bekasi dalam mempromosikan makanan khas bekasi
yang sudah di gelutinya selama lebih dari 8 tahun ini. Tren Belanja online yang kini digemari oleh masyarakat Indonesia
menjadi pasar baru yang begitu menarik.
Bekasi, Daerah yang berbatasan dengan Ibukota RI yang memiliki peran historis dalam perjuangan ini seyogyanya menjadi renungan kembali tapak-tapak sejarah agar tidak hilang ditelan gelombang perubahan zaman yang semakin tidak ramah terhadap kehidupan kita, Maka lahirlah OlehOlehBekasi.com yang merupakan setitik kontribusi dan kerinduan seorang putra bekasi atas kelestarian budayanya tak terkecuali makanan khas yang selama ini banyak di lupakan dan tidak banyak di kenal oleh masyarakat. Hal itulah yang mendorong Deni Ardini –biasa di panggil Deni, pemilik usaha ‘Warung Mpok Nini memulai memasarkan usahanya secara online.
Awalnya, Deni
hanya ingin mengembangkan usaha sang Ibunda [Mpok Nini] yang sudah dijalani
cukup lama dengan gaya tradisional dan ramai pada waktu-waktu tertentu seperti
saat menjelang hari raya. Dengan menggebu-gebu pria kelahiran Bekasi, 1 juli
’89 ini mengatakan “Mengapa kue atau makanan khas bekasi ini tak seperti makanan khas daerah-daerah lain
yang dapat di nikmati setiap saat dan mudah sekali di dapatkan..” tak ada yang tak mungkin mungkin itu jawaban
atas pertanyaannya tersebut, kini OlehOlehBekasi.com membuktikannya. Pesanan
meningkat deras setiap hari selalu berdatangan dan bahkan pelanggannya tak
hanya dari warga bekasi yang rindu pada makanan khas-nya namun tak sedikit
pesanan datang dari luar daerah seperti sumatra, jawa timur dan dari beberapa
daerah lainnya.
Dari usaha
makanan khas inilah Deni beserta keluarga sederhananya memenuhi kebutuhan
hidupnya di saat-saat keadaan ekonominya kurang baik 8 tahun lalu, ia ingat
betul saat itu alumni SMKN 1 Kota Bekasi ini harus berbelanja di pasar
tradisional kranji yang becek dan padat setiap pulang sekolah ia harus rela
berbelanja singkong dan keperluan-keperluan lainnya untuk di dagangkan esok
hari selepas subuh. Sosok muda ramah yang pernah menjadi Ketua umum Forum
Pelajar Muslim se-Bekasi [FPMB] ini harus keliling mengantarkan kue-kue
kampungan seperti cucur, gemplong [Gemblong], comro-misro yang rasanya khas
sekali ke warung-warung Nasi Uduk untuk menitipkan kue-kuenya itu sebelum berangkat
ke sekolah.
Sebut saja kue
Biji ketapang, akar kelapa, geplak, kembang goyang dan beraneka ragam makanan
khas yang sulit di jumpai di Bekasi ‘Warung Mpok Nini sediakan, di jual secara
online dan siap kirim sampai tujuan. Menariknya adalah kini setelah berjualan
secara online Warung Mpok Nini sudah mampu memberdayakan beberapa ibu-ibu
tetangga sekitar Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan untuk membantu ‘Mpok Nini
memproduksi makanan khas bekasi ini.
Semangat patriotisme menghantarkannya untuk berinovasi. Salah satu
inovasi untuk mengangkat makanan khas Bekasi ini dilakukan dengan membuat
tambahan aneka rasa seperti Akar Kelapa Rasa Keju, Gemblong lapis coklat dan
melakukan inovasi dalam bentuk kemasan yang menarik. Selain inovasi dari sisi
produk, Deni juga berinovasi
dari segi pemasaran. Dari segi pemasaran Warung
Mpok Nini membuka peluang untuk kerjasama bisnis dengan menjadi agen atau
distributor. Hal ini untuk mendukung target pemasaran pada tahun 2013 yang
merambah seluruh wilayah nusantara.
Menurut Mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI)
Jurusan Manajemen Informatika ini, mengelola bisnis online memang bisa di
bilang gampang-gampang susah, mudah untuk setup namun sulit dalam membangun
kepercayaan dan citra. Namun pria yang pernah menjabat sebagai Mentri Sosial-Politik
BEM BSI 2010 ini agar sukses dalam bisnis
kuncinya adalah awali niat berbisnis sebagai Ibadah kepada ALLAH, Visi
Kontribusi [Bermanfaat untuk orang banyak.red], Berani Mimpi, Semangat dan
Kekuatan Doa, terutama do’a Ibunda. (DA)