Monday, January 30, 2012

Membakar Motivasi dan Menjadi Master IT bersama BADARIS


Aula Salemba 22 tengah dipadati sekelompok mahasiswa di hari Minggu pagi, pada 9 Oktober 2011. Mahasiswa ini nampaknya memang sudah mengalihkan agenda liburannya untuk menghadiri Seminar Motivasi dan Seminar IT yang tengah diadakan oleh Badan Dakwah Rohis (BADARIS) BSI.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 sore ini, memang menggabungkan dua agenda sekaligus, namun lamanya acara ternyata tidak membuat jenuh para peserta yang berjumlah dua kali lipat dari rencana yang ditargetkan oleh panitia, yakni dengan kehadiran 120 peserta laki-laki dan 100 orang peserta perempuan. Selain itu juga ada beberapa mahasiswa yang berasal dari selain kampus BSI diantaranya dari kampus Jayakarta, UNJ, dan Polman Astra. Semua peserta nampak antusias dan semangat apalagi dengan disodorkan beberapa kepingan CD Motivasi, dua buah buku IT, souvenir dan sertifikat sebagai hadiah untuk para peserta yang telah disediakan oleh panitia. Menurut penuturan salah seorang panitia, kegiatan ini telah didukung dan disponsori oleh Mediscom dan KAS Badaris dengan Infaq peserta sebesar Rp.10.000,-/orang.

Kehadiran M.Sobari sebagai Sang Pendekar Motivator, telah berhasil membakar semangat motivasi jiwa-jiwa para mahasiswa yang ingin sukses. Dalam kutipannya beliau menyatakan bahwa tidak ada istilah orang yang berbakat atau tidak melainkan orang terlatih atau tidak terlatih. Karena Pribadi yang tangguh itu dibentuk bukan dilahirkan. Beliau juga dengan antusias menyampaikan, “Janganlah lunak pada diri sendiri, karena dunia akan keras terhadap kita. Namun keraslah pada diri sendiri maka dunia akan lunak ditangan kita. Dan berubah adalah bukti bahwa kita hidup karena orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang berani untuk keluar dari zona nyaman hidupnya”. Diakhir pembicaraannya beliau menyodorkan selembar kertas dimana para peserta diminta untuk menuliskan The Big Dream (Mimpi Besar dalam hidupnya).

Diselingi sholat dzuhur dan makan siang acara dilanjutkan dengan perkenalan BADARIS dan Seminar IT oleh Bpk. Abu Bakar S.Kom. Beliau adalah seorang yang telah berpengalaman dalam bidang IT selama 10 tahun yang telah sukses mengerjakan project-project besar bertaraf nasional maupun internasional. Pembicaraan yang dikemas dengan tema 'Mengenal ICT System dan Kultur Solusi Bisnis Ideal', dibuka dengan sharing dan tanya jawab. Najib, salah seorang peserta dari BSI Kramat 18 Jurusan MI bertanya tentang kendala apa saja yang dihadapi saat bekerja di bidang IT. Dengan lugas dan santai Bpk. Abu Bakar menjelaskan bahwa seorang IT memang terkenal sebagai orang 'back end' alias orang yang berada pada posisi belakang. Kadang mungkin kesulitan yang kerap dihadapi adalah karena seringnya seorang IT berhadapan dengan komputer/ benda mati mungkin menjadi kendala juga dengan tata lisannya sehingga kadang ditemui kesulitan untuk meyakinkan owner yang tidak bergelut dalam dunia Teknologi dan Komputer, untuk menjelaskan tentang penting dan betapa berartinya program yang akan dibuat dan dikerjakan. Salah satu cara menanganinya adalah seorang IT haruslah menjadi kreatif, cerdas, dan inovatif, serta selalu update informasi . Atau jika perlu menggandeng seorang IT Consultant untuk memberikan pengarahan yang lebih baik kepada perusahaan.

Mengakhiri acara, seorang peserta memberikan kritik bahwa tema seminar IT tidaklah sesuai dengan apa yang terpasang pada banner dan brosur tentang 'Tips & trik menjadi seorang Master IT'. Hal tersebut, ditanggapi positif oleh panitia bahwa ini hanya masalah teknis. Dan Harapannya semoga ada seminar - seminar yang lain dan ilmu yang diterima saat ini akan bermanfaat untuk semua.# Desi Zoehriyah

Comments System

Disqus Shortname