Wednesday, June 17, 2015

Mudahnya, Berkunjung dan Menjadi Anggota di Perpus Nasional

majalahinspirasi.net-Bagi kita yang baru ingin datang atau berkunjung ke Perpustakaan Nasional Indonesia yang beralamat di Jl. Salemba Raya No. 28A, Jakarta Pusat, DKI Jakarta (0622) 13154870, perpustakaan nasional RI ini dibuka dari senin-kamis 08.00-18.00, jumat 09.00-18.00 dan sabtu 09.00-16.00. Lokasinya tidak jauh dengan gedung Kementrian Sosial Politik. Bagi yang mengunakan angkutan umum atau naik transjakarta misalnya untuk dari arah kalideres naik dan transit di halte harmoni lalu naik yang arah PGC turun di Halte Salemba Carolus.
          Kita dianjurkan membuat kartu anggota terlebih dahulu sebelim masuk. Tapi tenang, cara membuat kartu anggotanya sangat mudah yang perlu kita lakukan pertama dengan mendaftarkan diri atau mengisi biodata lengkap sesuai dengan kartu identitas (KTP, SIM,Kartu Mahasiswa, Kartu Pelajar dan lain-lain). Setelah semua text diisi silahkan catat User dan password untuk digunakan saat kunjung pada lain waktu. Setelah itu silahkan antri untuk foto dan mencocokan data yang sudah isi dan kartu anggota pun sudah jadi dan kita resmi menjadi anggota Perpustakaan Republik Indonesia.
Untuk proses selanjutnya kita dapat mengg unakan kartu untuk masuk ke tempat buku-buku yang ada, pertama kita harus scan kartu selanjutnya akan mendapatkan kunci loker untuk penyimpanan tas dan barang-barang kita. Untuk yang dibawa silahkan yang penting-penting saja.



            Untuk literatur buku ada di lantai 2-10, untuk proses pencarian dan peminjaman buku kita harus mencari jenis buku dengan mengisi form yang telah disediakan dan mengisinya sesuai dengan yang kita telah temukan dikomputer pencarian baik tahun terbit, pengarang, judul, nama buku, nomor anggota, tanggal/bulan/tahun, tanda tangan dan yang paling penting ada mengisi nomor panggil itu kita temukan saat kita mencari buku di komputer pencarian.
            Setelah kita melakukan pencarian silahkan datang ke lantai penyimpanan buku dan mengantri untuk diambilkan buku sesuai yang kita pinjam, jika buku ditemukan kita kan dipanggil jika buku tidak ada maka kita dapat meminjam buku lain.
            Semoga bermanfaat karena dengan membaca kita dapat melihat dunia tanpa kita mendatanginya, dan membaca adalah jendela dunia. (Alvionita)

Comments System

Disqus Shortname