Tuesday, November 11, 2014

Walikota Tangsel Narasumber Seminar Kebangsaan IV

Bertempat di BSI BSD, Sabtu (8/11), lembaga BSI bekersama dengan IKBM BSI menyelenggarakan “seminar kebangsaan” untuk kali keempat. Seminar kebangsaan kali ini dalam memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November, dengan mengangkat tema “Aktualisasi Semangat Kepahlawanan Menuju Kejayaan Bangsa”.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 orang ini, diikuti dari berbagai kalangan antara lain perwakilan siswa-siswa SMA/SMK se-Tangerang dan Banten beserta guru pendamping, perwakilan mahasiswa baik yang tergabung dalam Ormawa/HMJ BSI dan perwakilan perguruan tinggi lainnya, juga tidak ketinggalan perwakilan dari aktivis pendidik.

Pada seminar kali ini diisi dengan talk show dan diskusi interaktif dengan menampilkan beberapa narasumber yaitu Suparman HL, S.Sos, M.Si selaku perwakilan praktisi pendidikan, Hj. Airin Rachmi Diany Wardana, SH, MH selaku walikota Tangerang Selatan dan Lukman Sardi seorang aktor dan publik figur.


Sebagai narasumber Lukman Sardi yang menyoroti tentang arti seorang pahlawan. Dikatakan bahwa pahlawan dapat diartikan setiap orang entah itu siapa saja yang berjasa bagi kita semua, dicontohkan semisal kita menemukan sebuah lubang dan ada seseorang yang memberitahukan kepada kita, hal itu sudah merupakan pahlawan bagi diri kita. Masih menurutnya pahlawan itu bisa saja ditemui dimana saja, dan kita pun bisa menjadi seorang pahlawan dari sisi kehidupan kita, dan itu bisa diwujudkan dengan aksi yang kecil yakni memulai rasa kepedulian.


Sedangkan Hj.Airin Rachmi Diany Wardana, SH, MH sebagai narasumber ketiga memaparkan tentang memulai semangat kepahlawanan dari hal-hal kecil yang tercermin dari perilaku serta perbuatan yang baik di sekitar lingkungan dan senantiara merealisasikan nilai-nilai luhur yang ditinggalkan oleh para pahlawan agar menuju kejayaan bangsa. Ibu dari dua anak ini juga mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pahlawan tidaklah selalu tampil di depan publik dengan segudang keberhasilan, melainkan dengan sumbangsih kita yang berguna minimal bagi kehidupan sekitar, yang tentunya dapat dilakukan oleh tiap-tiap individu.

Setelah sesi pemaparan dari narasumber dilanjutkan dengan sesi dialog interaktif dan setiap peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Selain itu juga ada pemberian cinderamata dari lembaga BSI kepada narasumber yang diberikan langsung oleh Anton, M.Kom.

Di penghujung acara dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara Akademi BSI dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan terkait pelatihan kewirausahaan, pembangunan karakter dan integritas bangsa bagi pendidik dan peserta didik di lingkungan Dinas Pendidikan Tangerang Selatan. Acara ditutup dengan pengundian doorprize serta sesi foto bersama narasumber dengan para peserta seminar kebangsaan.

Pemaknaan nilai-nilai juang para pahlawan melalui kegiatan seminar ini diharapkan mampu menggugah  semangat dan memberikan dampak munculnya pemuda-pemuda yang memiliki kepekaan untuk menghargai jasa para pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan. Semangat kepahlawanan juga diharapkan dapat mengubah karakter bangsa menjadi bangsa yang berani dalam menapap masa depan menuju kejayaan bangsa dan negara Indonesia. (INSPIRASI/SMH/SIA)

Comments System

Disqus Shortname