Tuesday, April 1, 2014

Liburan Eksotis ke Pulau Cyber Pramuka

"Di pulau Cyber Pramuka tersedia pula sovenir cantik yang dijajakan dari mulai gelang-gelang dan pernak-pernik yang terbuat dari kerang-kerang. Aneka kaos lukis dan oleh-oleh khas dari kepulauan seribu."

Menikmati masa liburan wisata ke pulau bisa jadi salah satu pilihan. Kali ini saya mengajak para pembaca untuk menikmati keindahan Pulau Cyber Pramuka yang merupakan salah satu pulau terluas di jajaran kepulauan seribu.

Dengan didampingi guide 2 orang pada masing-masing rombongan, kami memulai perjalanan dari pukul 06.00 pagi untuk mengantri  di dermaga Muara Angke, menunggu kapal sesuai jadwal pemberangkatan. Disana sudah banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong untuk mengunjungi pulau tujuannya masing-masing.

Selain tempat yang begitu eksotis dengan keindahan alam lautan yang membentang luas, harganya pun tidak membuat kantong kocek anda terkuras. Bagaimana tidak, dengan biaya paket sekitar tiga ratus ribuan kita dapat menikmati perjalanan selama 2 hari satu malam bersama sanak keluarga maupun kawan dan kerabat.
Fasilitas perjalanan yang bisa dinikmati pulang-pergi, penginapan nyaman, makan 3 kali menu lengkap, bermain sepedaan, snorkling di pulau air dan pulau semak daun yang memiliki keindahan terumbu karang dan kumpulan ikan badut yang berkumpul disekitar  telapak tangan saat diberi serpihan kue dan roti, mengunjungi penangkaran hiu, serta menikmati suasana santai barbeque dipinggir pantai saat malam hari, mengunjungi penangkaran budidaya penyu serta melepas tukik,  menikmati indahnya sunset, dan dapat bermain-main di beningnya ombak dan jernihnya air laut.

Sebut saja Rimah, dia baru kelas 2 SMP yang kami temui saat bermain air bersama, dengan rambut panjangnya yang terurai Rimah begitu pandai meliuk-liukan tubuhnya saat berenang menyelam ke dalam air. Dari ceritanya Rimah pernah mengikuti konservasi terumbu karang dan kelompoknya berhasil mendapatkan juara pertama. “Untuk tanam terumbu karang, harus berbeda orang-orang pada bagiannya ka, tim terdiri dari dua orang dan dibutuhkan kerja sama yang satu pegang adonan semen, dan yang satunya yang menanam. Tidak boleh satu orang yang pegang adonan semen dan yang menanam karena terumbu karangnya akan mati. Kelompokku dapat juara pertama, karena menanam terumbu karang yang bisa berubah warnanya saat tersenggol, “ cerita Rimah bersemangat.

Selain itu ada Ijul, laki-laki berusia sekitar 10 tahun yang tengah mengepak-ngepakan tangannya menggunakan pelampung. “Ijul bisa berenang tanpa pelampung engga?” tanyaku mencoba. “Bisa, ka“ jawabnya bersemangat dan langsung  melepaskan pelampungnya. Ijul menyelam ke kedalaman sekitar 3 meter ke dasar laut dan beberapa saat kemudian dia muncul ke permukaan membawa sekeping kerang. Anak-anak disini sejak kecil sudah terbiasa bermain-main di dermaga, "Senang main air saat libur begini atau waktu seminggu sekali untuk berenang karena tidak masuk sekolah," ungkap Ijul. Begitu juga dengan Fadhil, berusia sekitar 15 tahun yang sibuk dengan perahu sampan kecilnya dan kail mungilnya sedang mencari cumi, mengayuh dayungnya hingga ketengah laut. Anak-anak nelayan yang pemberani.

Di pulau Cyber Pramuka tersedia pula sovenir cantik yang dijajakan dari mulai gelang-gelang dan pernak-pernik yang terbuat dari kerang-kerang. Aneka kaos lukis dan oleh-oleh khas dari kepulauan seribu. Bang Ramon yang pandai menggerakan kuasnya yang sudah dicelupkan aneka warna, meliuk-liukannya di kanvas kaos yang polos sehingga bercorak penuh kreatifitas dan memiliki daya seni tinggi. Sudah hampir lebih 5 tahun bersama istri menggeluti profesi sebagai tukang kaos lukis di Pulau.

Perjalanan yang begitu berkesan dan mengagumkan menikamati khazanah panorama alam yang disuguhkan begitu kita memandang lautan biru yang terbentang luas berhimpitan dengan langit yang juga luas membiru tanpa batas, meski kadang masih banyak pula tangan-tangan jahil manusia yang tidak dapat menjaga, minimal untuk tidak membuang sampah ke laut, sehingga mencemari karunia alam yang telah diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya. (Dz)


Comments System

Disqus Shortname