Friday, May 24, 2013

LPM BSI Disambut Baik Ketua Dewan Pertimbangan Presiden

Lembaga Pers Mahasiswa Inspirasi BSI menyambangi Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Prof. Dr. Emil Salim. lahir di Lahat, Sumatera Selatan, 8 Juni 1930 umur 82 tahun adalah seorang ahli ekonomi, cendekiawan, pengajar dan politisi Indonesia. Emil Salim adalah tokoh paling senior yang menjabat di pemerintahan dan merupakan sedikit di antara tokoh tiga zaman yang masih aktif berkarir hingga saat ini. LPM Inspirasi berhasil mewawancarai diruangan khususnya sekretariat negara. Dalam wawancara ia banyak menjelaskan kisahnya dari zaman belanda sampai saat ini berikut profil beliau :

Prof. Dr. Emil Salim lahir di Lahat, Sumatera Selatan, 8 Juni 1930 umur 82 tahun  adalah seorang ahli ekonomi, cendekiawan, pengajar dan politisi Indonesia.  Ia adalah putra dari Baay Salim dan Siti Syahzinan dari Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Beliau merupakan keponakan dari seorang Pahlawan Nasional Indonesia, Haji Agus Salim. Pernah bersekolah pada zaman belanda di Frobel School, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (1935-1936) dan pada zaman jepang sekolah di Dai Ichi Syo-Gakko, Palembang, Sumatera Selatan (1942-1944).

Emil juga merupakan salah seorang diantara sedikit tokoh Indonesia yang berperan internasional. Ia adalah tokoh lingkungan hidup internasional yang pernah menerima The Leader for the Living Planet Award dari World Wide Fund (WWF), suatu lembaga konservasi mandiri terbesar dan sangat berpengalaman di dunia.

Emil Salim merupakan salah seorang putra bangsa yang paling lama mengabdi dengan menjadi menteri dan beberapa jabatan lainnya. Ia menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 10 April 2007 dan pada 25 Januari 2010 dilantik kembali untuk periode kedua sekaligus menjadi ketuanya. Sebelumnya ia beberapa kali menjabat sebagai menteri, antara lain Menteri Negara Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara merangkap Wakil Kepala Bappenas (1971-1973), Menteri Perhubungan (Kabinet Pembangunan II 1973-1978), Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Kabinet
Pembangunan III 1978-1983) dan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Pembangunan V 1983-1993). Emil Salim adalah tokoh paling senior yang menjabat dipemerintahan dan merupakan sedikit di antara tokoh tiga zaman yang masih aktif berkarir hingga saat ini. (wikipedia/inspirasi)

Comments System

Disqus Shortname