Friday, September 21, 2012

Toko Buku-buku Tua


Oleh: Didi Wahyudi 

Di bawah  langit malam pukul 18.25, saya sedang jalan-jalan di sekitar planetarium, yang terletak di Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat, langsung saja saya memutar motor untuk masuk ke planetarium, dengan biaya masuk motor Rp.1.500,-  langsung bayar, lalu saya mencari tempat parkir motor, tak jauh dari parkiran terlihat papan bertuliskan Dokumentasi Sastra, saya bertanya kepada petugas parkir, ternyata itu perpustakaan, disini terdapat buku-buku sejarah Indonesia, tapi sayang perpustakaan tutup jam 17.00 wib sore tadi dan kalau ingin datang, perpustakaan ini buka pukul 10.00 wib pagi.

Di depan gedung Dokumentasi Sastra, terdapat gedung pertunjukan, gedung ini buka bila setiap kali ada pertunjukan apa saja, misalnya musik, tari, drama, dll. Bila ingin menonton pertunjukan jadwalnya terdapat di Koran harian (seperti yang dikatakan petugas parkir). Dihalaman depan dan samping gedung pertunjukan digunakan sekelompok/komunitas skate board, dan juga terdapat sekelompok dance yang saya lihat, saya tidak tau apakah setiap hari komunitas itu selalu menjalankan aktifitasnya disini. Didekat halaman depan gedung pertunjukan terdapat gedung bertuliskan Graha Bhakti Budaya, gedung ini juga digunakan untuk pertunjukan, tetapi gedung ini pun tutup.

Di ujung kanan gedung Graha Bhakti Budaya kedua mata saya seperti melihat tempat yang menarik sehingga memaksa kaki saya untuk melangkah menghampiri tempat tersebut, dan ternyata benar saja setelah melihat tempat ini saya seperti kembali ke zaman masa lampau, ditempat ini banyak sekali terdapat buku-buku tua, bahkan ada yang sangat tua, sampai-sampai cover depan buku berwarna kecoklatan. Mata saya seperti ingin menelan semua tulisan yang terdapat dalam buku-buku tersebut, tatanan buku disini tidak teratur atau acak, jadi dibagian manapun pasti terdapat novel, buku referensi, buku sejarah, kumpulan cerpen, dll dan yang pasti buku-buku tersebut sudah lama tetapi saya lihat terdapat buku sekitar 3-5 tahun kemarin, buku-buku ini untuk dijual dengan harga sekitar Rp.25.000,- sampai Rp.75.000,-.

Saya lihat terdapat buku berstempelkan milik perpustakaan, saya bertanya kepada Mas Charlies si penjual buku-buku tua ini, bagaimana bisa dia mendapatkan buku-buku ini, pria kira-kira berumur 25 tahun ini mengungkapkan bahwa ada orang yang menjual buku-buku ini kepadanya (Charlies) dengan harga murah, lalu beliau berkata toko buku ini dibukanya sejak tahun 1996. Setelah saya puas membaca beberapa buku, saya pun membawa satu buku untuk saya beli dengan harga Rp.40.000,-, toko buku ini tutup jam 22.00 wib, sebelum saya balik untuk pulang pria dengan sosok yang ramah ini berkata bahwa dia ingin pergi untuk latihan teater setelah itu ia pergi, toko buku tersebut sekarang dijaga  oleh sesosok wanita separuh baya. Tempat yang menarik untuk dikunjungi.



Comments System

Disqus Shortname