Tuesday, June 19, 2012

Jakarta Fair 2012 : Majulah Jakartaku


Inspirasi - Pembukaan Jakarta Fair 2012, pagelaran pameran akbar di Indonesia ini dilangsungkan pada 14 Juni 2012. Sambutan presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, diiringi taburan nyala kembang api yang semarak dilangit malam kota Jakarta pukul 20.30 WIB.

Pada tahun ini, Jakarta Fair mengambil tema “Majulah Jakartaku”, dengan sub tema “Dengan majunya Jakarta, maka akan maju pula seluruh wilayah Indonesia.”  Pemda DKI Jakarta juga telah mencanangkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan acara ini.  Jakarta Fair diharapkan dapat menarik minat wisata baik nasional maupun internasional.  Hal ini berdasarkan DKI Jakarta senantiasa menjadi tolak ukur dan simbol kemajuan Indonesia di mata dunia. Acara ini diselenggaran selama 32 hari, terhitung dari 14 Juni 2012 sampai 15 Juli 2012. Setiap hari, Senin- Jum'at buka jam 15.00 sd 23.00 harga tiket dua puluh ribu rupiah dan Sabtu-Minggu buka jam 10.00 sd 23.00 tiket seharga dua puluh lima ribu rupiah.

Jakarta Fair merupakan event tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke 485. Pada pagelarannya yang ke 45 ini, Jakarta Fair tetap memamerkan produk-produk perindustrian baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini merupakan salah satu tujuan dari Jakarta Fair untuk merangsang semangat business and cultural communication, mendorong inovasi teknologi, dan memperluas investasi lapangan kerja. Disponsori utama oleh League.
Selain pameran, Jakarta Fair juga akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Pesta Kembang Api, Pemilihan Miss Jakarta Fair, Karnaval Budaya, Wahana Bermain anak-anak, Rumah Hantu, dan sebagainya. Para peserta menampilkan produk kreatif Indonesia seperti industri kecil menengah, automotif, elektronik, telekomunikasi, furnitur, handycraft, alat olahraga, peralatan rumah tangga, tekstil, produk pariwisata, produk pemerintah daerah, perbankan, kesehatan, kosmetik, garmen, dan aksesori.
 “Pada tahun lalu, Jakarta Fair diikuti oleh 2600 peserta dengan total 4,1 pengunjung, yang menghasilkan transaksi sebesar 3,7 triliun rupiah. Transaksi event Jakarta Fair terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.Tahun ini, transaksi di Jakarta Fair ditargetkan sebesar Rp4,5 triliun diikuti oleh 2650 peserta dengan total pengunjung sebanyak 45 juta orang.” Direktur Marketing PT Jakarta International Expo (JIExpo) Ralph Scheuneman menuturkan.
 Jakarta Fair 2012 nantinya juga dimeriahkan oleh aksi 260 band dan artis papan atas Indonesia dipanggung JIExpo Music Concert. Managing Director JIExpo, Prajna Murdata mengungkapkan kalau Jakarta Fair 2012 memiliki konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, baik dalam hal set panggung maupun audio dan pengisi acaranya. Panggung utama didesain secara spektakuler dengan ukuran panggung yang besar, serta didukung sound system dan lighting yang berkualitas. Jakarta Fair juga membangkitkan rasa nasionalisme bagi para pengunjung dan artis pendukung. Pasalnya setiap pengisi acara wajib menyanyikan lagu nasional di atas pangung konser music JIExpo.dilansir dari Gibbo.com
Untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas Jakarta Fair2012,pihaknya menyediakan lahan parkir untuk 20.000 sepeda motor dan 15.000 mobil.Semua kendaraan dapat masuk dari lima pintu masuk. Di samping parkir di dalam area PT JIExpo, lahan parkir juga disediakan di luarnya. Semua itu dikelola oleh pengelola parkir kompleks Kemayoran (PPKK). ”Kami menyadari PRJ ini memang menjadi magnet tersendiri untuk menghibur masyarakat Ibu Kota. Tidak hanya masyarakat kalangan menengah ke atas,menengah,tetapi ke bawah juga,”ungkap Kepala Biro Perekonomian Pemprov DKI Jakarta Ari Ardiantara dilansir dari Seputar-indonesia.com.

Comments System

Disqus Shortname