Monday, May 28, 2012

Rapat Lanjutan, Ekspedisi 25 Gunung dan Daerah Terpencil


Inspirasi-, Rabu 23 Maret 2012. Rapat lanjutan kedua pra kegiatan yang diadakan di gedung BSI Kramat 18 mengagendakan pembentukan struktur kepanitiaan, konsep kegiatan serta sosialisasi strategi pada IKBM (Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa-red ). Menurut Ahmad Hidayat, selaku ketua  pelaksana mengatakan bahwa kepanitiaan yang dibentuk hanya berasal dari elemen IKBM yang hadir pada rapat. “Takutnya, kalo kita menunjuk elemen yang tidak hadir untuk  menjadi bagian struktur kepanitiaan umum, mereka tidak siap ketika diberitahukan kemudian”, ujar Ahmad. 

Rapat diikuti oleh enam elemen IKBM. Yaitu BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa-red), LPM (Lembaga Pers Mahasiswa), Calandra, Senat Kramat 18, Senat Cengkareng Dan BADARIS. Berdasarkan putusan sementara forum rapat, ketua pelaksana diduduki oleh Calandra, sekretaris umum dari LPM, bendahara umum dipegang oleh BADARIS, sedangkan untuk koordinator pendidikan diamanatkan pada BEM dan koordinator pendakian pada Calandra. “Ada baiknya kalo Calandra paling banyak ambil bagian dalam struktur panitia pendakian  karena Calandra lebih tau medan dan hal-hal lain tentang pendakian dibanding dengan elemen lain”, tutur Elmo, salah satu peserta rapat parwakilan BEM. 

Adapun konsep kegiatan untuk pendakian setelah disepakati untuk menggunakan konsep menyebar, begitupun dengan konsep pendidikan dilereng gunung. “Untuk program pendidikan dilereng gunung rancangan kegiatannya meliputi pengajaran, pengenalan tekhnologi, games edukatif, penyuluhan kebersihan  serta pemutaran film documenter”, papar Ahmad. Untuk pendakian dibagi 4 tim yang setiap timnya terdiri dari 6 orang. Ahmad juga menambahkan, “Setiap 1 tim ditugaskan menyelesaikan pendakian di 6 gunung berdasarkan teritorial yang telah ditentukan, sehingga dengan system pembagian tersebut total gunung yang dapat berhasil ditaklukan adalah 24 gunung. Dan pendakian 1 gunung yang tersisa akan dilakukan secara bersama oleh keempat tim yang sudah turun dari pendakian sebelumnya. Di gunung terakhir inilah, seluruh elemen yang terlibat akan mengucapkan selamat ulang tahun secara serentak untuk hari jadi BSI yang ke 25”.

Beberapa gunung yang ditawarkan diantaranya : Gn.Leuser,  Gn.Sibayak, Gn.Kerinci, Gn.Sinabung, Gn.Merapi, Gn.Singgalang, Gn.Gede, Gn.Cikuray, Gn.Galunggung, Gn.Lawu, Gn.Cereme, gn.Merbabu, Gn.Papandayan, Gn.Merapi, Gn.Pangrango, Gn.Sundoro, Gn. Sumbing, Gn.Kembar, Gn.Slamet, Gn.Ijen, Gn.Agung,  Gn.Rinjani, Gn.Kelud,  Gn.Tambora, dan 1 gunung terakhir yakni Gunung Mahameru akan dilakukan pendakian bersama untuk direncanakan perayaan ulangtahun BSI tepat di Ranu Kumbolo.

Strategi dan pematangan konsep terus digalakan dan dimatangkan. Untuk kegiatan yang rencananya akan dilakukan pemberangkatannya ke lokasi pada bulan September-Oktober.# Zulfah Yulyani dan Desi Zoehriyah

Comments System

Disqus Shortname