Monday, February 20, 2012

Ajak Ortu ke Edu Fair, Kenapa Enggak?


Datang bersama teman-teman sekelas atau ditemani sang kekasih ke sebuah pameran pendidikan itu hal biasa. Tapi, memboyong anggota keluarga, itu baru unik.

Sebut saja Nizrina. Pelajar kelas XII SMA 4 Tangerang menggandeng Widi, sang ibu, untuk menemaninya mengunjungi pameran pendidikan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, kemarin.

Dara berparas cantik ini sengaja mengajak sang ibu untuk melihat lebih dekat jurusan yang akan dipilihnya kelak, yakni Akuntansi dan Pajak. "Sengaja mengajak mama biar enggak aku saja yang mengerti, tapi mama juga," kata Nizrina.

Hal ini dibenarkan sang bunda. Widi mengaku rela jauh-jauh datang ke Senayan hanya agar putrinya mendapatkan informasi mengenai jurusan dan kampus yang bisa menjadi tujuannya kelak. "Ini khusus saya menemani dia. Bentuk dukungan saya untuk jurusan yang menjadi pilihannya," ujar Widi.

Ternyata bukan hanya Nizrina, Kartika, siswa kelas XII IPA SMA 46 Jakarta khusus mengajak sang ayah dan adiknya untuk menemani mencari informasi mengenai jurusan yang diminatinya.

"Sengaja mengajak papa karena aku mau papa tahu tentang jurusan yang aku pilih. Sekalian saja tahu bareng-bareng di sini daripada nanti aku harus menjelaskan lagi di rumah," kata Kartika.

Kedokteran dan Teknologi Pangan menjadi jurusan utama pilihan Kartika yang mendapat dukungan penuh dari Adi, sang ayah. "Saya mendukung 100 persen keinginan anak saya. Tidak ada paksaan sama sekali. Untuk jurusan biarkan hatinya yang berbicara," tuturnya.

Sementara itu, tidak mau kalah, Sefi, seorang pelajar asal SMA Plus PGRI Cibinong bahkan memboyong seluruh anggota keluarganya untuk menemaninya ke pemeran pendidikan. Bersama ayah, ibu, dan sang adik, Sefi tampak antusias mendatangi satu stan kampus ke kampus lainnya.

Sang ibu, Setyawati mengaku, menemani putri semata wayangnya karena perkuliahan merupakan jenjang yang sangat penting. "Dia kan belum berpengalaman, jadi kami menemani supaya dia tidak bingung atau kehilangan arah," kata Setyawati.

Dia menyebutkan, mendukung penuh apa pun jurusan yang dipilih Sefi. "Apa pun yang dia pilih akan kami dukung. Tapi, jangan asal pilih. Di sini kan juga dijelaskan prospek kerja jurusan yang dipilih serta bagaimana proses pembelajarannya secara rinci. Jangan sampai salah pilih karena biaya kuliah itu sangat mahal," ujarnya.

Mendatangi pameran pendidikan ini, kata Sefi, memberikan banyak manfaat baginya. "Saya dapat banyak informasi tentang jurusan yang saya ingin geluti, yaitu Kedokteran Gigi dan Komunikasi. Saya bahkan sudah mengunjungi berbagai stan kampus, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Nasional (Unas), dan sebagainya," kata Sefi.(okezone)

Comments System

Disqus Shortname