Thursday, March 10, 2016

PENDIDIKAN DASAR VI UKM SATRIAPELA-UBSIBANDUNG


Satuan Rimbawan Pegiat Alam Universitas BSI Bandung (SATRIAPELA-UBSI) kembali mengadakan kegiatan Pendidikan Dasar yang ke-6, acara ini di mulai tanggal 27-31 Januari 2016. Untuk kali pertama SATRIAPELA-UBSI mendapat peserta sebanyak 12 orang, dan yang kemudian kegiatan ini berlangsung di sekitaran Hutan Bandung Timur hingga Bandung Utara.

Kegiatan yang sekaligus program kerja tahunan tersebut, merupakan salah satu prosedur wajib yang di adakan rutin setiap tahunya untuk melanjutkan sistem kaderisasi juga regenerasi keanggotaan dan kepegurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SATRIAPELA-UBSI. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 (Lima) hari dengan kondisi cuaca yang kurang baik. Meski demikian, tidak mengurangi semangat para peserta Pendidikan Dasar dan semangat panitia kegiatan tersebut.

Pendidikan dasar yang ke 6 tersebut mendapat dukungan penuh dari pihak-pihak terkait seperti pihak lembaga dan Kampus Universitas BSI Bandung, Himpunan Mahasiswa Universitas BSI Bandung, Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas BSI Bandung, Perum PERHUTANI, Mahasiswa Pecinta Alama (MAPALA) BELATI Amik BSI Tasikmalaya, Forum DISLATGAP BSI dan beberapa pihak lainya.

Mulya Dilaga atau yang biasa disapa dengan “Mabo” yang merupakan ketua Pelaksana kegiatan tersebut mengatakan “target kegiatan Pendidikan Dasar ini adalah untuk melatih Mental dan fisik serta kreatifitas peserta dalam hal kepecintaalaman, agar kedepanya terbentuk suatu Unit kegiatan atau Organisasi yang kokoh, yang dapat memberikan peran aktif terhadap Alam dan pelestarian lingkungan hidup”. Beliau juga berharap bahwa, “Semoga acara Pendidikan Dasar ini berjalan dengan lancar dan semua peserta dapat menjalankan proses hingga kegiatan berakhir, juga ke 12 Peserta harus tetap semangat agar dapat lulus di pendidikan yang ke 6 ini dan kembali dengan selamat”.

Kegiatan tersebut di laksanakan dengan sistem Longmarth selama 2 hari, dan 3 hari berikutnya adalah basecamp. Selama proses kegiatan berlangsung, Peserta di didik dan dilatih dengan berbagai materi hingga praktek mengenai ilmu Kepencintalaman juga ilmu bela Negara seperti, penerapan ilmu menejemen perjalanan, Shletter/Bivak, Survival, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Search and Rescue (SAR), dan Pemahaman tentang ilmu bela Negara.

Kegitan di tutup dengan upacara Penyematan Syal Orange, yang menandakan bahwa peserta telah resmi bergabung dengan SATRIAPELA-UBSI sebagai Anggota Muda, yang selanjutnya semua peserta dan seluruh panitia melanjutkan perjalanan pulang kembali ke Kampus Universitas BSI Bandung. (YR)

Comments System

Disqus Shortname