Tuesday, June 16, 2015

KOMIK INDIE BY KOMIKAZER

Maraknya komik-komik Jepang di Indonesia tidak menutup kemungkinan seorang komikus asal Indonesia bernama Muhammad Reza Mustar untuk menghasilkan karya-karya kreatif dalam bentuk komik yang tidak kalah menariknya dengan komik-komik luar Negeri. Komikus yang akrab di dipanggil Azer ini mulai membuat komik saat dirinya berada disekolah dasar (SD). Komik pertama yang dibuat terinspirasi dari film kartun serial televisi favoritnya, yaitu Dragonball dan GI Joe. Dan mulai serius membuat karakter komik sendiri pada tahun 1998.
Ketika kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) silam, Azer mulai mencoba memproduksi komik sendiri. “saat saya kuliah di IKJ, Saya mulai memberanikan diri untuk memproduksi komik sendiri, Biasa orang-orang menyebutnya komik indie menggambar sendiri, Fotocopy sendiri, Jual sendiri. Saya membuka sebuah lapak kecil dibioskop dekat kampus untuk menjual komik-komik saya”.  Paparnya saat ditemui di UPN Veteran Jakarta 21/5.
Komik azer merupakan sebutan akrab dari karya-karya Azer bagi para pembaca. Azer biasa membuat komik dengan cerita-cerita realitas social atau hal-hal yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan begitu, gambar atau pesan yang disampaikan dalam komik tersebut bisa langsung dimengerti oleh pembaca. Karena besar kemungkinan apa yang Azer ungkapkan dalam makna yang terkandung dalam komik sama seperti apa yang si pembaca rasakan. Hal itu yang membuat menarik perhatian banyak orang.
Disisi lain komik azer masuk kedalam jenis komik strip/ kartun. Menurut Azer, “Dirinya sengaja memilih komik strip/kartun karena minim akan frame/ringkas dan langsung tertuju kepada isu yang diangkat guna mempermudah penyampainnya kepada pembaca”.  ungkapnya.

Sejalannya perkembangan teknologi yang mendominan. Azer memanfaatkan jejaring media social seperti instagram, Twitter, Path dan jugaTumblr. Sehingga para pembaca komik azer tidak hanya bisa menikmati komik dalam bentuk cetak saja tetapi juga bisa menggunakan social media. Komik azer merupakan salah satu bentuk contoh komik indie yang harus kita ketahui, Dan masih banyak lagi karya-karya anak bangsa yang tidak kalah hebatnya dengan Negara luar. (Vina)

Comments System

Disqus Shortname