Monday, November 17, 2014

Indah nya Gili Trawangan Lombok


Semenjak dipindahkannya bandara utama Lombok dari bandara Selaparang ke Bandara Internasional
Lombok didaerah Kuta, jarak tempuh bagi wisatawan yang datang ke Lombok menuju Gili Trawangan menjadi lebih jauh dibandingkan sebelumnya. Perjalanan darat dari Bandara menuju Senggigi memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Sedangkan apabila anda ingin menggunakan  penyebrangan regulerr dari Pelabuhan Bangsal, masih diperlukan tambahan perjalanan darat dari Senggigi sekitar 45 menit menuju Pelabuhan Bangsal. 

Kebanyakan wisatawan yang akan ke Gili Trawangan menyempatkan diri untuk menginap di Bali atau di Lombok sebelum atau sesudahnya. Alternatif menginap di Bali ialah kawasan Kuta, Sanur dan Nusa Dua serta area sekitar karena jarak menuju pelabuhan Padang Bai dan pelabuhan fast boat lain menuju Gili Trawangan tidak terlalu jauh. Kebanyakan operator fast boat juga menyediakan penjemputan geratis dari wilayah ini kepelabuhan kapal mereka. 

Ongkos menggunakan fast boat dari Bali langsung ke Gili trawangan berkisar Rp.500.000 s/d Rp. 800.000 per orang sekali jalan. Untuk anda yang akan menginap di Lombok sebelum menuju Gili Trawangan, kawasan Senggigi adalah kawasan yang cukup tepat, karena jarak ke pelabuhan Teluk Kodek maupun Bangsal yang biasa digunakan untuk penyebrangan ke Gili tidak terlalu jauh. Teluk Kodek sering digunakan sebagai pelabuhan fast boat, Sedangkan Bangsal merupakan pelabuhan reguler yang sering digunakan oleh masyarakat setempat. 

Sedangkan untuk anda yang ingin langsung menuju Gili Trawangan baik melalui bandara Bali maupun Lombok memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Pastikan jadwal kedatangan pesawat anda bisa disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal fast boat menuju Gili Trawangan baik dari Bali maupun dari Lombok. Berikut adalah beberapa alternatif transportasi air menuju Gili Trawangan baik dari Bali maupun dari Lombok: Dari Bali. 

Terdapat beberapa pilihan operator Fast Boat dari Bali menuju Gili Trawangan, yang harus diperhatikan tentu saja keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, beberapa operator menawarkan harga yang murah namun sering memaksakan perahu melebihi kapasitasnya, operator seperti inilah yang harus dihindari. Berikut adalah beberapa operator Fastboat yang mungkin bisa anda gunakan untuk menuju Gili Trawangan dari Pulau Bali: Klik untuk melihat daftar fastboat dari Bali ke Gili Trawangan. Dari Lombok Terdapat dua pilihan jalur yang bisasa digunakan untuk menyebrang ke Gili Trawangan dari pulau Lombok, yakni pelabuhan Bangsal dan pelabuhan Teluk Kodek (Senggigi).

Pelabuhan Bangsal Berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Senggigi, Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan penyebrangan reguler yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar dari dan menuju Gili, baik Gili Meno, Gili Air maupun Gili Trawangan. Apabila anda menggunakan taxi, mereka tidak diizinkan masuk sampai ke pelabuhan, melainkan hanya sampai ke tempat sejenis terminal kecil yang diebut sebagai stasiun, dari sini anda bisa meneruskan perjalanan menggunakan kereta Cidomo. Jaraknya tidak terlalu jauh mungkin hanya sekitar 200 meter, sehingga sejatinya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, tentu saja dengan syarat tidak terlalu banyak barang bawaan anda. Pelabuhan Bangsal tidak terlihat seperti pelabuhan, hanya berupa bibir pantai dengan bangunan kecil dari kayu sebagai administratur sekaligus penjual tiket, serta beberapa kursi untuk menunggu. Ya, menunggu adalah hal penting di sini, karena perahu penyebrangan tidak akan berangkat bila penumpang melum memenuhi kuota yakni 20 orang. Setiap interfal waktu sekali diumumkan melalui pengeras suara berapa total penumpang yang sudah mendaftar dan berapa orang lagi kekurangannya. Tiket penyebrangan melalui pelabuhan Bangsal sangat murah, yakni hanya Rp. 10.000 / Orang sekali jalan. Apabila anda tidak bersedia menunggu berlama2, anda bisa mencarter sebuah perahu sekaligus, harga carter sebuah perahu tertera di papan pengumuman tempat penjualan tiket, sekitar 200 – 250 ribu rupiah sekali jalan.

Walaupun murah, Pelabuhan Bangsal adalah pelabuhan yang tidak aman (apalagi nyaman) untuk wisatawan khususnya wisatawan asing. Pelabuhan ini penuh dengan scam dan penipuan yang dilakukan oleh orang-orang setempat yang terjadi semenjak anda turun dari mobil. Berhati-hatilah selama berada di sini, berikut adalah tips aman dan modus penipuan yang sering terjadi di pelabuhan Bangsal.

Dari Senggigi Pelabuhan terdekat ialah Teluk Kodek, pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama fast boat dari Bali yang menuju Gili Trawangan dan Lombok. Di sepanjang jalan Senggigi banyak terdapat travel yang menawarkan perjalanan ke Gili Trawangan dengan harga yang bersaing. Mereka juga menawarkan aneka paket snorkeling & diving di sekitar Gili Trawangan, lalu mengunjungi pulau untuk kembali lagi ke Senggigi di sore harinya. Apabila anda tidak memiliki rencana untuk menginap di Gili Trawangan, kami sarankan untuk menggunakan jasa ini. (Afif muhamad)
(sumber : www.gilitrawangan.asia)

Comments System

Disqus Shortname