Wednesday, May 7, 2014

Hari Gini Masih Demo?

Untuk pertama kalinya di Indonesia 1 Mei 2014 ditetapkan menjadi tanggal merah sebagai hari buruh nasional. Hari buruh atau yang dikenal dengan May Day tiap tahunnya kerap diisi dengan demonstrasi para buruh yang sering berujung dengan aksi kerusuhan perusakan dan kemacetan jalanan yang menimbulkan kerugian bagi banyak pihak.Sudah saatnya para buruh bersikap cerdas dengan tidak lagi melakukan demonstrasi yang berbau anarki sebagai dalih penyampaian aspirasi yang pada kenyataannya hal tersebut rentan diprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Alangkah baiknya jika hari buruh yang hanya satu hari tersebut diisi dengan hal-hal positif yang mendatangkan manfaat dan semangat kerja seperti berkumpul dengan keluarga bakti sosial atau jalan sehat. Yang semuanya itu dapat terjadi apabila terjalin kerjasama antara perusahaan, pemerintah dan buruh itu sendiri. 

Indonesia sebagai negara demokrasi pada dasarnya tidak melarang para buruh untuk melakukan demonstrasi pada peringatan May Day tersebut asalkan tidak mengganggu kepentingan orang banyak.
Sebagai yang menjembatani Asosiasi buruh pun harusnya dapat secara benar menyampaikan apa yang menjadi aspirasi buruh dengan pemerintah sebagai pelaksana dan pembuat keputusan mampu memberikan pelayanan kepada buruh secara total. *(Nida Dewi)

Comments System

Disqus Shortname